Menkes Budi: Ada 128 Kasus Varian Omicron di 9 Negara, RI Tak Termasuk

ADVERTISEMENT

Menkes Budi: Ada 128 Kasus Varian Omicron di 9 Negara, RI Tak Termasuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Minggu, 28 Nov 2021 19:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto ilustrasi: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan perkembangan penyebaran COVID-19 varian Omicron di dunia. Sampai saat ini sudah ada 128 kasus yang terkonfirmasi di setidaknya sembilan negara.

Kemunculan varian Omicron membuat geger dunia karena menunjukkan kemampuan penyebaran yang cepat. Varian yang pertama kali dilaporkan oleh Afrika Selatan ini juga diketahui memiliki mutasi terbanyak dibandingkan varian lainnya.

Dari negara yang melaporkan kasus varian Omicron, terbanyak adalah Afrika Selatan dengan 99 kasus. Setelah itu diikuti oleh Botswana dengan 19 kasus.

Menkes Budi berjanji pemerintah akan memperketat pengawasan di pintu masuk Indonesia. Pengunjung dari luar negeri kini wajib karantina selama 7 hari dan semua sampel yang terdeteksi positif akan dilakukan tes genome sequencing.

"Kita akan pastikan semua kantor karantina pelabuhan di udara, laut, dan darat bekerja dengan keras. Kebijakan kita semua kedatangan internasional akan kita tes PCR, kalau positif genome sequence," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers di kanal Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Minggu (28/11/2021).

Indonesia sendiri sampai saat ini dipastikan belum mendeteksi adanya kasus varian Omicron.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini," pungkas Menkes Budi.

Simak video 'Isi Aturan Pelarangan WNA Afrika Selatan Masuk ke RI':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT