Senin, 29 Nov 2021 20:30 WIB

Diidap Ameer Azzikra Sebelum Meninggal, Benarkah Infeksi Liver Mematikan?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ameer Azzikra Foto: Instagram
Jakarta -

Ameer Azzikra, putra kedua almarhum ustaz Arifin Ilham, meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit. Disebutkan, ia sempat mengalami infeksi liver.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menilai kemungkinan penyebab utama meninggalnya Ameer Azzikra bukan infeksi liver. Pasalnya, penyakit liver sangat jarang dilaporkan memicu kondisi fatal dalam waktu dekat jika tak terjadi infeksi hepatitis akut atau sirosis hati.

"Liver itu bisa jadi kondisi komplikasi, bisa terlibat dari berbagai sebab. Jangan kita bilang infeksi liver itu fatal jika tidak ada gejala berat sebelumnya seperti mata kuning, muntah-muntah, tidak sadar," beber Prof Ari saat dihubungi detikcom Senin (29/11/2021).

Dalam kasus meninggalnya Ameer di usia muda yakni 20 tahun, Prof Ari menduga ada infeksi akut yang tiba-tiba menyerang dan berdampak pada liver-nya, sehingga perburukan kondisi terjadi begitu cepat. Terlebih, yang bersangkutan disebut tak memiliki riwayat sakit apapun sebelumnya.

"Usia masih 20 tahun, masih sehat, dia kemungkinan sebenarnya mengalami infeksi akut tiba-tiba, kemudian terjadi beragam macam komplikasi pada liver-nya terganggu, lambungnya bisa jadi terganggu," sambung dia.

"Artinya kan berhadapan dengan kondisi tiba-tiba, demam, radang paru-paru, pada keadaan yang berat, akut, itu bisa saja mengalami perburukan," ujarnya.

Prof Ari kembali menegaskan kondisi fatal akibat liver amat jarang dilaporkan, terkecuali ada laporan keracunan obat. Ada puluhan ribu kasus yang tercatat.

"Liver umumnya menjadi penyakit sekunder yang bisa terjadi karena kondisi macam-macam. Pengidap DBD bisa kena liver, pengidap tipes bisa kena liver, COVID-19 bisa kena liver," tuturnya.

"Radang paru juga bisa kena liver, jadi bukan semata-mata karena liver-nya," tegas dia.



Simak Video "FWB dan Bahaya Infeksi Menular Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)