Selasa, 30 Nov 2021 14:16 WIB

Langka! Wanita Asal Malaysia Ini Punya Golongan Darah Emas, Ini Artinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Tangkapan layar viral dari Facebook Derma Darah Terengganu Kite Wanita asal Malaysia dengan 'darah emas', golongan darah paling langka di dunia. Foto: Tangkapan layar viral dari Facebook Derma Darah Terengganu Kite
Jakarta -

Seorang wanita asal Terengganu, Malaysia, baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di media sosial gara-gara memiliki golongan darah paling langka di dunia. Diketahui, golongan 'darah emas' miliknya hanya dimiliki oleh 43 orang di dunia. Golongan darah apa itu?

Dalam unggahan Facebook oleh bank darah Terengganu disebutkan, wanita tersebut adalah satu-satunya orang Malaysia dengan jenis golongan darah bernama 'Rhnull' tersebut. Diketahui juga, golongan darah 'Rhnull' adalah yang paling langka di dunia.

"Golongan darah donor ini adalah Rhnull, yang merupakan golongan darah yang paling sulit ditemukan di dunia. Sejauh ini hanya 43 orang di muka bumi yang memiliki golongan darah tersebut. Di Malaysia? Hanya dia yang sendirian sejauh ini," tulis akun facebook Derma Darah Terengganu Kite, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, darah tersebut bakal disumbangkan dan dikirim ke bank darah nasional (National Blood Center) di Kuala Lumpur. Darah tersebut kemudian akan disimpan dalam wadah berisi nitrogen pada suhu -80 derajat selama 10 tahun.

"Jika ada pasien yang membutuhkan darah jenis ini, maka darah ini akan diencerkan untuk digunakan," tulis akun tersebut lebih lanjut.

"Kamu yang spesial, 'Sis'. Tidak peduli apa golongan darah Anda, Anda selalu tipe seseorang. Darah Anda dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia lain," sambungnya.

Mengacu pada Australian Academy of Science, orang yang hidup dengan golongan darah 'Rhnull' sama sekali tidak memiliki antigen Rh (protein) pada sel darah merah. Namun meski disebut-sebut sebagai 'darah emas', tak berarti darah ini berwarna keemasan.

Kasus langka ini dilaporkan pertama kali pada 1961, tepatnya pada seorang wanita Aborigin Australia.

Dengan kelangkaan tersebut, akan sulit untuk menemukan sumbangan darah Rhnull ketika seseorang dengan golongan darah tersebut membutuhkan transfusi darah.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)