Rabu, 01 Des 2021 10:00 WIB

Waduh, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Otot Menciut

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Ilustrasi nyeri lutut. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan ideal? Tak hanya kalangan usia muda atau tua, laki-laki bahkan perempuan juga menginginkan otot-otot pada tubuh mereka terbentuk. Namun tahukah kamu, tanpa disadari ada beberapa aktivitas dan kebiasaan keliru yang malah membuat tubuh tidak sehat.

Meski terlihat sepele, namun hal tersebut justru membuat massa otot semakin berkurang. Padahal massa otot yang pas juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mempertahankan postur tubuh seseorang.

Lalu, kebiasan apa saja yang berpengaruh terhadap massa otot? Dilansir dari womenshealthmag, berikut enam kebiasaan yang dapat bikin otot menciut.

Mengonsumsi Sedikit Kalori

Kebanyakan orang sering kali mengurangi asupan kalori harian saat ingin menurunkan berat badan. Padahal, kebiasaan ini justru bisa jadi bumerang jika tak dilakukan secara benar dan tepat. Sebab, bila Anda tidak mengonsumsi cukup kalori, tubuh akan mengambil dari simpanan karbohidrat (glikogen), simpanan lemak, dan protein dari otot.

Akibatnya, otot tubuh pun dapat ikut menciut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memaksimalkan pembakaran lemak dengan melakukan defisit 500-1.000 kalori dari asupan harian saat ini.

Kurang Protein

Masih soal penurunan berat badan, jenis makanan yang dikonsumsi saat diet ternyata juga berpengaruh terhadap massa otot. Saat diet, ada baiknya untuk mengonsumsi lebih banyak protein dibanding kalori. Sebuah studi tahun 2016 menemukan saat melakukan diet rendah kalori selama empat minggu, mereka yang makan lebih banyak protein kehilangan 27% lebih banyak lemak dan bertambah 8 kali lebih banyak massa otot tanpa lemak.

Adapun hal ini disebabkan karena protein lengkap yang ditemukan pada telur, susu, dan daging mengandung 9 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk memelihara otot.

Kurang Olahraga

Untuk mempertahankan otot, tubuh membutuhkan suatu rangsangan salah satunya melalui olahraga. Dengan berolahraga, otot pada tubuh tentu akan jadi terangsang dan berkontraksi. Ini tentunya akan membuat otot menjadi lebih kencang dan kuat.

Sementara otot yang tak pernah dirangsang tentunya akan cepat mengendur atau menciut. Jika tak ingin hal ini terjadi, cobalah untuk melakukan olahraga yang dapat memperkuat otot seperti squat, push up, angkat beban, atau pull up.

Tak Makan Usai Olahraga

Usai berolahraga, banyak orang yang menghindari makan demi menghindari penumpukan lemak. Bahkan, tak jarang dari mereka yang berpikir olahraganya menjadi sia-sia jika langsung makan usai olahraga. Padahal, mengisi kembali energi yang terbuang usai berolahraga merupakan hal penting.

Semakin lama menunggu waktu makan, maka semakin lama pula energi terkumpul kembali. Solusinya, jika telah berolahraga selama 45 menit, kamu harus mengurangi mengonsumsi sekitar 20 gram protein tinggi, dalam waktu 15-30 menit.

Terlalu Banyak Olahraga

Olahraga memang dapat merangsang hingga memperkuat otot-otot tubuh. Tapi, siapa sangka kalau terlalu banyak olahraga juga tak baik bagi otot. Mengingat beberapa olahraga seperti kardio, jogging, atau bersepeda tidak melibatkan semua serat otot.

Olahraga tersebut justru bisa membakar otot. Misalnya, jika Anda mengalami defisit kalori dan jogging selama 45 menit, tubuh akan menggunakan otot untuk bahan bakar. Dengan begitu, massa otot justru akan berkurang.

Kurang Tidur

Untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk otot, Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Sebab, kurang tidur akan berpengaruh terhadap fungsi hormon. Hal ini juga dapat menyebabkan kadar kortisol tubuh menjadi tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan tubuh menyimpan karbohidrat sebagai lemak.

Terlebih lagi, kurang tidur dapat menyebabkan tubuh terasa lelah sehingga Anda akan sulit untuk beraktivitas. Padahal, aktivitas sangat penting untuk merangsang banyak otot. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, sangat memungkinkan massa otot Anda akan terus berkurang seiring berjalannya waktu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat mempengaruhi massa otot. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga massa otot agar tidak menciut. Selain menghindari kebiasaan tersebut, pastikan juga untuk memperhatikan pola makan sehat sehingga kebutuhan gizi harian tetap terpenuhi. Salah satunya dengan mengonsumsi Ensure yang memiliki nutrisi lengkap dan seimbang untuk dukung kekuatan dan bantu daya tahan tubuh agar aktif setiap hari.

Ensure memiliki kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan Protein Whey - Kasein - Soya dapat mempercepat sintesis protein, sehingga protein mudah dicerna, diserap dan bertahan lama dalam tubuh.

Ensure juga memiliki uji klinis merupakan brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia. Informasi seputar gaya hidup sehat bisa mengakses ensure.co.id.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)