Kamis, 02 Des 2021 10:53 WIB

Catat! Ini Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Daya Tahan Tubuh

Angga Laraspati - detikHealth
Ilustrasi Makanan Sehat Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Punya tubuh yang sehat adalah harapan semua orang. Pasalnya saat sakit, kemungkinan besar aktivitas bisa terganggu. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah daya tahan tubuh yang kuat. Untuk memperolehnya, tentu diperlukan beberapa langkah-langkah pasti seperti mengonsumsi nutrisi yang seimbang.

Sebuah jurnal penelitian yang dilakukan oleh A.Marcos mengemukakan kekurangan gizi karena kurangnya asupan energi dan makronutrien atau karena kekurangan mikronutrien tertentu bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

Kelainan yang paling konsisten terlihat pada kekebalan yang dimediasi sel, sistem komplemen, fungsi fagosit, produksi sitokin, respons antibodi sekretori mukosa, dan afinitas antibodi.

Sementara itu, dilansir dari healthline, sebuah studi menunjukan diet seseorang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti semua aspek kesehatan lainnya. Misalnya, nutrisi dapat mempengaruhi mikrobioma, fungsi penghalang usus, proses inflamasi, dan fungsi sel darah putih, yang semuanya berdampak pada fungsi kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, pola diet dan makanan tertentu juga memiliki hubungan dengan peningkatan risiko penyakit, alergi yang lebih besar, hingga gangguan respons kekebalan tubuh. Selain itu, kekurangan atau kekurangan nutrisi yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, termasuk vitamin D, seng, dan vitamin C.

Karenanya, pola diet dengan nutrisi yang tepat disebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa diet yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, makanan laut, dan makanan ultra-olahan dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin c, zinc, selenium, vitamin D dan Vitamin E yang dapat berkontribusi terhadap fungsi daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik ini berguna untuk menghadang penyakit atau virus yang bisa menyerah tubuh.

Namun jika dirasa makanan sehari-hari tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi harian, bisa dilengkapi pemberian nutrisi tambahan. Salah satunya dengan Ensure, susu yang diperkaya dengan nutrisi lengkap dan seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya seperti Vitamin C, Zinc, Selenium, Vitamin D & Vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure juga memiliki uji klinis merupakan brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia, Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat bisa mengakses ensure.co.id.

(ads/ads)