ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Des 2021 19:45 WIB

Dubes RI Beberkan Kondisi WNI di Eropa yang Diserang Gelombang 4 Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kerumunan dan keramaian terlihat di negara-negara Eropa di saat angka kasus Covid-19 meroket naik. Lihat foto-fotonya: COVID-19 di Eropa. (Foto: AP/Petr David Josek)
Jakarta -

Sejumlah negara di Eropa kini kembali diserang gelombang keempat COVID-19. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti kemunculan varian Corona Omicron hingga vaksinasi yang belum merata.

Di tengah situasi seperti itu, bagaimana kondisi para warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Eropa?

Dubes RI untuk Belgia merangkap Luksemburg dan Uni Eropa, Andri Hadi, mengatakan memang ada sejumlah WNI di Eropa yang terinfeksi virus Corona. Umumnya, mereka melakukan isolasi di rumah dan pihak Kementerian Luar Negeri memiliki standar penanganan atau SOP untuk WNI yang terpapar COVID-19.

"Memang ada beberapa WNI kita yang positif kena Corona, tapi umumnya mereka diisolasi di rumah. Seperti di Belgia 23 orang, Jerman cukup tinggi 139 orang, di Belanda 110 orang, di Inggris 187 orang. Dan kita Kementerian Luar Negeri sudah memiliki SOP untuk WNI yang terpapar COVID-19," bebernya dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/12/2021).

Selain itu, Andri mengatakan pihaknya akan memberikan berbagai dukungan untuk para WNI selama diisolasi. Mulai dari bantuan pangan hingga alat-alat kesehatan, seperti hand sanitizer, masker, dan akses untuk tes PCR jika memang diperlukan.

Untuk di Belgia sendiri, Andri mengungkapkan ada masyarakat yang disebut sebagai 'lurah'. Sosok itulah yang akan membantu pihak kementerian menjangkau para WNI yang tinggal di daerah yang jauh.

"Kita terus memantau dengan perhatian yang penuh untuk membantu WNI, sehingga mereka bisa kembali pulih dan sehat," pungkasnya.



Simak Video "Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT