Sabtu, 04 Des 2021 07:00 WIB

Pria Ini Viral karena Lensa Kacamatanya Tebal Banget, Ternyata Ini Sebabnya

Astika - detikHealth
Viral penyandang mata malas di TikTok. Foto: tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Seorang pria dengan akun TikTok @agylarbani viral karena banyak netizen yang malah salah fokus dengan kacamata yang dipakainya. Pria yang akrab disapa Agil (22) ini mengungkapkan alasan menggunakan kacamata tebal karena mempunyai mata minus 12.

"Saya mengalami mata minus sejak 1 SD, pertama kali itu minus 14. Tapi sekarang terakhir cek udah minus 12," ujar Agil saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2021).

Agil mengaku kesulitan untuk melihat objek dengan jarak jauh seperti pengidap mata minus lainnya, namun ia malah menggunakan kacamata plus yang biasa digunakan untuk rabun dekat. Menurut penjelasan dokter yang menanganinya, kondisi yang dialami Agil disebut dengan mata malas.

@agylarbani

Reply to @018putri begitu yak alesan kenapa belom laskk sampe sekarang #fypシ

♬ original sound - Bacotan Penonton - Temennya Tinkerbell

"Kalo dari penjelasan dokter aku, itu disebut mata malas. Sejak lahir ukuran mata retina aku itu kecil, jadi cahaya matahari engga pas jatuh di retina. Makanya harus pakai kacamata plus agar cahaya pas masuk ke retina dan penglihatan normal lagi," ungkap Agil.

Sebenarnya apa itu mata malas?

Mata malas atau istilah medisnya ambliopia merupakan kondisi mata yang mengalami penurunan tajam penglihatan sebagai akibat dari perkembangan visual yang abnormal. Umumnya kondisi mata malas berkembang sejak lahir hingga usia 7 tahun.

Apa tanda dan gejala mata malas?

Gejala mata malas pada anak susah untuk diketahui, pasalnya mereka sering mengalami kesulitan untuk mengungkapkan kondisi penglihatannya yang alami perburukan. Berikut tanda seorang anak tidak bisa melihat dengan jelas:

  • menyipitkan mata
  • Sering menutup satu mata
  • Sering memiringkan kepala

Siapa yang berisiko mengalami mata malas?

Beberapa anak memang terlahir dengan mata malas, namun sebagian lain mengidapnya saat masa pertumbuhan. Berikut kondisi yang meningkatkan risiko mata malas:

  • Lahir prematur
  • Lahir dengan berat dan ukuran lebih kecil dari rata-rata
  • Memiliki riwayat keluarga dengan ambliopia dan katarak pada masa kanak-kanak
  • Memiliki cacat di masa perkembangan


Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)