Sabtu, 04 Des 2021 21:00 WIB

Disinggung dalam Kasus Siskaeee, Apa Itu Ekshibisionisme?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Video wanita mempertontonkan payudara dan alat kelamin di Bandara Yogya viral di media sosial. Mapolres Kulon Progo langsung menggelar jumpa pers. (Foto: Jalu Rahman Dewantara)
Jakarta -

Sosok Siskaeee yang telah diburu polisi terkait aksi tak senonohnya di kawasan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo, telah berhasil ditangkap di Kota Bandung. Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Ardimulan Chaniago.

"Betul. Ditangkap di Kota Bandung," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Ardimulan Chaniago saat dimintai konfirmasi detikcom via telepon, Sabtu (4/12/2021).

Wanita yang dikenal sebagai Siskaeee ini diburu usai video aksi ekshibisionis yang dilakukannya viral. Dalam video yang diunggah pada 23 November 2021 lalu, wanita itu memamerkan payudara dan kemaluannya di YAI. Video tersebut pun viral pada 30 November 2021.

Sebenarnya, apa itu ekshibisionisme?

Ekshibisionisme merupakan kondisi atau gangguan seksual yang disebabkan dorongan atau fantasi. Kondisi ini bisa membuat seseorang nekat mengekspos area privasinya, seperti alat kelamin, begitu saja di depan orang asing.

Dikutip dari Psychology Today, kondisi ekshibisionisme ini termasuk gangguan seksual atau parafilia, karena mengacu pada gairah seksual atipikal yang persisten dan intens. Ini juga disertai dengan gangguan secara klinis.

Secara umum, prevalensi gangguan eksibisionistik belum diketahui, tetapi diperkirakan mempengaruhi sekitar 2-4 persen populasi pria. Kondisi ini sebenarnya jarang terjadi pada wanita, meskipun perkiraan prevalensi pastinya tetap tidak diketahui.

Seperti apa tanda-tanda orang mengalami kondisi ekshibisionisme ini?

Selama periode kurang lebih enam bulan, orang yang mengalami ekshibisionisme ini memiliki fantasi, perilaku, ataupun dorongan seksual yang berulang. Mereka juga secara intens mengekspos alat kelamin mereka.

Melakukan aksi ekshibisionisme tanpa persetujuan orang lain. Jika dorongan fantasi ini muncul, pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.



Simak Video "Di Balik Aksi Ekshibisionisme yang Dilakukan Siskaeee"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)