Minggu, 05 Des 2021 19:00 WIB

Tentang Gangguan Jantung Bikin Hilmi Bolak-balik RS, Kini Butuh Bantuanmu

Atilah Tia Abelta - detikHealth
M Hilmi Fata M Hilmi Fata (Foto: CAMPAIGN BERBUATBAIK.)
Jakarta -

Berbeda dengan remaja pada umumnya, M Hilmi Fata, remaja berusia 13 tahun harus merasakan puluhan tusukan infus masuk ke tubuhnya sejak kecil.

Terhitung lebih dari 36 kali Hilmi harus keluar masuk rumah sakit akibat didiagnosis mengalami gangguan katup jantung sejak usia 10 tahun.

"Bosen lah tapi tetap semangat untuk sembuh biar kayak anak lainnya," kata Hillmi polos kepada Koresponden CNN Indonesia TV beberapa waktu lalu.

Menurut penuturan sang ayah, Adi Suliastono, sejak umur 6 tahun Hilmi juga mengalami lemah motorik dan didiagnosa berkebutuhan khusus sehingga kerap dirundung di sekolah hingga membuatnya trauma.

"Hilmi dibilang anak tidak normal tidak pantas sekolah di situ," cerita mantan sopir bank ini sedih.

Tak hanya itu, Adi juga menyampaikan bahwa Hilmi mengidap sindrom muntah berulang. Jika sudah muntah maka Hilmi harus dilarikan ke rumah sakit dan dirawat hingga 5 hari lamanya.

Lantas, sebenarnya apa itu gangguan katup jantung seperti yang diidap Hilmi? Berikut penjelasan yang telah dirangkum oleh detikcom dari berbagai sumber.

Gangguan katup jantung adalah kondisi di mana katup jantung tidak bekerja sebagaimana mestinya atau tidak berfungsi secara normal.

Katup jantung memiliki penutup yang membuka dan menutup dengan setiap detak jantung, memungkinkan darah mengalir melalui ruang atas dan bawah jantung dan ke seluruh tubuh. Ruang atas jantung adalah atrium, dan ruang bawah jantung adalah ventrikel.

Ada dua jenis penyakit katup jantung

1. Stenosis katup

Terjadi ketika katup jantung tidak sepenuhnya terbuka karena selebaran yang kaku atau menyatu. Pembukaan yang menyempit dapat membuat jantung bekerja sangat keras untuk memompa darah melaluinya. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung dan gejala lainnya.

2. Insufisiensi katup

Disebut juga dengan regurgitasi, inkompetensi, atau "katup bocor". Terjadi ketika katup tidak menutup rapat. Jika katup tidak menutup, sebagian darah akan bocor ke belakang melintasi katup. Saat kebocoran semakin parah, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang berlebih. kondisi ini disebut regurgitasi trikuspid, regurgitasi paru, regurgitasi mitral, atau regurgitasi aorta.

Apa penyebab penyakit katup jantung?

Penyakit katup jantung dapat berkembang sebelum lahir (bawaan) atau dapat diperoleh kadang-kadang selama hidup seseorang. Terkadang, penyebab penyakit katup tidak diketahui.

Gejala penyakit katup jantung dapat meliputi:

  • Sesak napas atau sulit bernapas
  • Kelemahan atau pusing
  • Ketidaknyamanan di dada
  • Palpitasi
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, atau perut
  • Pertambahan berat badan yang cepat

Gejala penyakit katup jantung tidak selalu berhubungan dengan kondisi tubuh yang serius. Pengidap mungkin tidak memiliki gejala sama sekali dan memiliki penyakit katup yang parah sehingga memerlukan perawatan segera.

Bagaimana Penyakit Katup Jantung Diobati?

Pengobatan penyakit katup jantung tergantung pada jenis penyakit dan seberapa parahnya. Ada tiga tujuan pengobatan untuk penyakit katup jantung: untuk melindungi katup dari kerusakan lebih lanjut, mengurangi gejala, dan memperbaiki atau mengganti katup.

#sahabatbaik tidakkah hatimu tergerak untuk meringankan beban Hilmi agar terus tegar bertahan dihantam banyak cobaan dan penyakit? Caranya sederhana, mari bersama membantu Hilmi lewat BerbuatBaik dengan klik link donasi di sini.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Kamu juga bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial yang kamu pilih, kamu bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas kamu dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai sekarang dengan berdonasi lewat LINK INI.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs BerbuatBaik dan ikuti media sosial BerbuatBaik Instagram @berbuatbaikofficial dan Hotline WA: 0823-0823-9111



Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)