ADVERTISEMENT

Senin, 06 Des 2021 10:03 WIB

Minum Susu Bisa Bentuk Massa Otot Loh, Begini Caranya

Atta Kharisma - detikHealth
Ilustrasi susu bubuk Foto: Shutterstock
Jakarta -

Susu kerap kali identik dengan anak-anak dalam masa pertumbuhan atau orang lanjut usia. Tapi sebenarnya, orang dewasa juga butuh mengonsumsi susu demi menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi, khususnya bagi mereka yang ingin membentuk massa otot.

Dilansir dari Livestrong, satu gelas susu rendah lemak mengandung 8 g protein dan 83 kalori. Susu, terutama enriched milk, juga mengandung kalsium dan vitamin D. Asupan protein dan kalori ekstra tersebut menjadi bahan bakar yang dapat membantu meningkatkan massa otot.

Lantas bagaimana cara dan takaran mengkonsumsi susu agar bisa membentuk massa otot secara optimal? Melansir dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Kalkulasikan Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Setiap Harinya

Kalori adalah bahan bakar utama yang diperlukan untuk membentuk massa otot. Kamu bisa menggunakan Calorie Calculator online untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang kamu butuhkan per harinya. Kandungan kalori serta protein yang ada di dalam susu berperan sebagai asupan tambahan yang akan memenuhi kebutuhan kalori per harinya.

2. Konsumsi 1-2 Gelas Susu Rendah Lemak Setelah Berolahraga

Penelitian yang dilakukan oleh McMaster University pada tahun 2007 menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi susu setelah berolahraga mengalami peningkatan massa otot yang lebih besar ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Para peneliti tersebut berspekulasi kalau susu merupakan salah satu suplemen ideal untuk mengurangi berat badan dan membentuk massa otot berkat kandungan protein serta nutrisi lain yang ada di dalamnya.

3. Konsumsi 3 Gelas Susu Rendah Lemak Setiap Hari

Selain 1-2 gelas yang kamu konsumsi setelah berolahraga, pastikan juga kamu mengkonsumsi minimal 3 gelas susu rendah lemak setiap harinya. Ini akan memberi tubuh kamu tambahan 300 kalori dan 24 g protein. Dilansir dari BodyBuilding.com, kamu harus mengkonsumsi 11 g protein per 1 kg berat badan untuk dapat meningkatkan massa otot. Karena itu, susu menjadi suplemen praktis yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Timbang Berat Badan Secara Rutin

Berat badan menunjukkan seberapa efektif olahraga dan pola makan yang telah kamu jalani. Idealnya, dengan tambahan 300 kalori dari susu per hari kamu seharusnya akan mendapatkan 0.5 kg massa otot setiap minggu. Dengan menimbang berat badan secara rutin, kamu bisa mengetahui apakah progress yang kamu lakukan sudah optimal atau belum.

5. Ukur Pertumbuhan Otot Setiap Minggu

Ukur perkembangan otot kamu setiap minggunya. Kalau perlu, buatlah catatan/diary untuk memantau perkembangan massa otot yang kamu alami. Bila kamu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu dua minggu, sesuaikan kembali intensitas olahraga dan pola makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu memerlukan tambahan kalori dan protein, kamu juga bisa mengkonsumsi satu gelas susu tambahan pada diet harian.

Salah satu susu terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk membantu membentuk massa otot adalah Ensure. Kandungan nutrisi lengkap dan seimbang yang ada dalam Ensure cocok untuk membantu membentuk massa otot di usia dewasa. Ensure juga mengandung triple protein, yakni kombinasi unik dari protein whey, kasein, dan soya, omega 3 dan 6, rendah laktosa, serta 14 vitamin dan 9 mineral yang tidak hanya membantu membentuk massa otot tapi juga turut memelihara kesehatan tubuh.

Dengan minum dua gelas Ensure sehari, kamu bisa membentuk massa otot secara efektif. Tentunnya konsumsi Ensure juga dibarengi dengan latihan fisik serta pola hidup sehat lainnya. Ensure juga tersedia dalam dua varian rasa yang nikmat; vanilla dan coklat.

Ensure telah melalui uji klinis dan merupakan brand nutrisi dewasa dengan track penjualan nomor 1 di dunia. Karena itu Ensure menjadi salah satu produk nutrisi yang terpercaya dan direkomendasikan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat bisa mengakses ensure.co.id.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT