Rabu, 08 Des 2021 10:30 WIB

Aprilio Manganang Curhat Harus Pakai BH Saat Tanding, Ini Jenis-Jenis Hipospadia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Serda (K) Aprilia Manganang didampingi oleh KASAD Andika Perkasa dan Isteri KASAD Heti Andika Perkasa menghadiri persidangan secara daring dari Pengadilan Negeri Tondano atas kasus pengajuan pergantian jenis kelamin dan pergantian nama di Mabes Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (19/3/2021). Aprilio Manganang curhat saat terpaksa memakai BH kala tanding. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Aprilio Manganang mengaku selama hidupnya menderita karena kelainan yang diidapnya. Meski mulanya tak sadar mengidap kelainan, dirinya sedari kecil sudah merasakan banyak perbedaan dari wanita lain.

Salah satunya, payudara yang tidak tumbuh. Ada salah satu pengalaman Aprilio Manganang terpaksa memakai bra saat tanding voli, sampai harus menaruh tisu atau memakai dua bra agar terlihat memiliki payudara.

"Jadi 2015 itu (ada) pertandingan di Singapura. Gua tanding di situ harus menunjukkan seperti wanita. Pokoknya cantik bangetlah," ungkap Aprilio dalam YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (7/12/2021).

"Akhirnya gua main pake bra. Dua bra. Bra yang agak nimbul dan bra sport. Pas gue spike, (bra) naik ke atas. Karena (dada) rata, bra naik. Terus minta time-out untuk kumpul. Itu malu sekali," lanjut dia.

Apa saja jenis-jenis hipospadia?

Hipospadia adalah cacat lahir yang terjadi pada anak laki-laki, saat lubang uretra tidak terletak di ujung penis. Ada berbagai kondisi hipospadia dari mulai derajat ringan hingga lebih parah.

Dikutip dari Web MD, dokter bisa mengidentifikasi hipospadia dengan memeriksa penis bayi selama pemeriksaan rutin setelah lahir. Ada tiga jenis hipospadia tergantung di mana lubang uretra berada:

Subcoronal:

Lubang uretra terletak di suatu tempat di dekat kepala penis.

Midshaft:

Lubang uretra terletak di sepanjang batang penis.

Penoscrotal:

Lubang uretra terletak di mana penis dan skrotum bertemu.



Simak Video "Mewaspadai Kasus Kematian Akibat Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)