Jumat, 10 Des 2021 14:49 WIB

Ciri-ciri Serangan Jantung, Diduga Diidap Walkot Bandung Sebelum Meninggal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wali Kota Bandung Oded M Danial Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal. (Foto: Tri Ispranoto)
Jakarta -

Wali Kota Bandung Oded M Danial diduga meninggal dunia akibat serangan jantung. Sebelum meninggal, Oded sempat dilarikan ke RS Muhammadiyah Kota Bandung.

Dirut RS Muhammadiyah Kota Bandung, Kautsar Boesoirie, mengatakan Oded sudah memakai alat bantu napas saat tiba di rumah sakit. Setelah dilakukan resusitasi jantung, nyawa orang nomor satu di Bandung itu tetap tidak tertolong.

"Diperiksa nadinya sudah tak teraba dan pupilnya sudah melebar itu adalah tanda beliau tidak ada. Kalau mendadak gitu kemungkinan jantung," ucapnya.

Dikutip dari laman CDC, serangan jantung terjadi ketika bagian dari otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Semakin banyak waktu yang berlalu tanpa pengobatan untuk memulihkan aliran darah, semakin besar kerusakan pada otot jantung.

Apa saja ciri-ciri serangan jantung?

Gejala serangan jantung adalah:

BACA JUGA

  • Nyeri dada

Sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah atau kiri dada yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau yang hilang dan muncul kembali.

  • Merasa lemah, pusing, pingsan, dan keringat dingin
  • Nyeri atau ketidaknyamanan di rahang, leher, atau punggung
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan atau bahu
  • Sesak napas

Ciri-ciri lain dari serangan jantung bisa termasuk kelelahan yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan dan mual atau muntah. Dalam beberapa kasus, serangan jantung memerlukan resusitasi kardiopulmoner (RJP) atau kejutan listrik (defibrilasi) ke jantung agar jantung dapat memompa kembali.



Simak Video "Yuk Belajar CPR, Pertolongan Pertama Henti Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)