Selasa, 14 Des 2021 19:27 WIB

Bahaya Penyakit Jantung, Diidap Haji Lulung Sebelum Meninggal

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Haji Lulung di Masjid Sunda Kelapa Foto: Haji Lulung (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Bahaya penyakit jantung tidak bisa diremehkan. Politisi Abraham Lunggana atau Haji Lulung meninggal setelah mengalami penyakit tersebut.

Penyakit jantung merupakan salah satu kondisi kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Selain mematikan, juga membutuhkan biaya sangat besar untuk perawatannya.

Pengertian penyakit jantung sendiri merupakan kondisi abnormal yang terjadi pada organ jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menimbulkan komplikasi fatal.

Berikut beberapa alasan penyakit jantung dianggap berbahaya dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/12/2021):

1. Memicu Gagal Jantung

Dikutip dari Mayo Clinic, gagal jantung merupakan salah satu komplikasi penyakit jantung yang kerap terjadi. Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Gagal jantung dapat terjadi akibat berbagai bentuk penyakit jantung seperti cacat jantung, penyakit kardiovaskular, penyakit katup jantung atau infeksi jantung.

2. Memicu Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah menyuplai oksigen dan nutrisi ke otot jantung (pembuluh darah koroner) yang menyebabkan penyumbatan.

Sumbatan ini bisa berbentuk macam-macam, seperti plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol), atau bekuan darah.

3. Bisa Memicu Stroke

Stroke iskemik terjadi ketika arteri ke otak menyempit atau tersumbat sehingga darah yang mengalir ke otak terlalu sedikit.

Stroke merupakan kondisi medis ketika jaringan otak mulai mati dalam kondisi hitungan menit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]