Rabu, 15 Des 2021 05:00 WIB

Kenali Bahaya Penyakit Jantung, Haji Lulung Mengalaminya Sebelum Meninggal

Hartaty Varadifa - detikHealth
Haji Lulung di Masjid Sunda Kelapa Haji Lulung (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Kabar duka kembali datang dari dunia politisi, keluarga besar PPP Abraham Lunggana yang kerap disapa Haji Lulung meninggal dunia pada Selasa (14/12/2021) pada pukul 10.51 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta. Kabar duka ini mengingatkan kembali bahaya penyakit jantung.

Informasi meninggalnya Haji Lulung disampaikan oleh elite PPP Achmad Baidowi.

"Telah berpulang ke Rahmatullah Haji Lulung Lunggana, meninggal dunia hari ini Selasa, 14 Desember 2021 jam 10.51 WIB di RS Harapan Kita Jakarta. Mohon doanya agar beliau diterima amal ibadahnya. Husnul khotimah," ungkapnya.

Sebelumnya, Haji Lulung sempat terbaring di rumah sakit dan mengalami gangguan kesehatan jantung. Hal ini turut disampaikan oleh putra keduanya Guruh Tirta Lunggana.

"Kepada rekan-rekan semua, saya Guruh Tirta Lunggana atas nama keluarga Haji Lulung Abraham Lunggana, menyampaikan bahwa benar adanya saat ini Haji Lulung sedang mengalami gangguan kesehatan jantung" jelas Guruh dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Bahaya penyakit jantung memang menjadi kekhawatiran bagi para penderitanya karena telah banyak memakan korban. WHO menyebutkan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 318,820 atau 18.73% total kematian akibat penyakit jantung.

Salah satu gangguan kesehatan jantung yang paling berbahaya adalah serangan jantung.

Bagaimana serangan jantung bisa terjadi dan sangat berbahaya?

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan paling sering terjadi karena penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain, yang membentuk plak di arteri atau yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Terkadang, plak tersebut bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung.

Bahaya penyakit jantung ini, juga disebut infark miokard yang bisa berakibat fatal. Maka dari itu jika kamu mengalami serangan jantung segera hubungi bantuan medis darurat.

Adapun tanda dan gejala serangan jantung yang umum terjadi dan harus kamu perhatikan yaitu:

  • Adanya tekanan, sesak, nyeri, atau sensasi meremas atau sakit di dada atau lengan kamu yang dapat menyebar ke leher, rahang, atau punggung.
  • Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut
  • Sesak napas
  • Keringat dingin
  • Kelelahan
  • Pusing atau pusing mendadak

Simak Video 'Sosok Haji Lulung di Mata Para Sahabat':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)