Rabu, 15 Des 2021 13:45 WIB

Sebelum Meninggal, Kerabat Ungkap Laura Sempat Sesak Napas-Asam Lambung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Laura Anna Selebgram Laura Anna meninggal dunia. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta -

Selebgram Laura Anna meninggal dunia. Sebelum meninggal, Laura sempat mengalami sesak napas dan dibawa ke rumah sakit.

Salah satu kerabat dekat Laura, Putri Syah Alam, menceritakan gadis 21 tahun itu mengalami sesak sejak sejak malam tadi. Laura juga mengeluhkan mengalami asam lambung.

"Memang semalam itu sudah ngomong dia lagi sesak. Dalam perjalanan ke Densu (Denny Sumargo-red), dia bilang sesak. Dia bilang asam lambung, udah minum obat asam lambung masih chat juga masih perjalanan ke Densu," kata Putri.

Putri menceritakan Laura sempat dibawa ke IGD dan kondisinya membaik lalu diperbolehkan pulang. Sayangnya ketika di rumah, Laura lagi-lagi mengeluh sesak sebelum akhirnya dikabarkan meninggal dunia.

Laura diketahui mengidap spinal cord injury usai mengalami kecelakaan pada tahun 2019 silam. Spinal Cord Injury (SCI) merupakan kerusakan yang terjadi pada bagian dari sumsum tulang belakang atau saraf di ujung kanal tulang belakang (cauda equina).

Meski tidak langsung menyerang paru-paru, jurnal National Institute of Health melaporkan dispnea atau napas pendek menjadi keluhan yang sering terjadi pada orang dengan cedera tulang belakang kronis atau SCI.

Alasannya karena otot-otot diafragma, interkostal, dan perut yang diperlukan untuk bernapas dan batuk menjadi lemah setelah SCI. Batuk diperlukan untuk membersihkan paru-paru dari sekret dan bakteri. Jika seseorang mengalami batuk yang lemah atau tidak dapat mengeluarkan sekret dari paru-parunya, mereka akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi, seperti pneumonia.

Jika kehilangan kontrol otot pernapasan akibat SCI, otot-otot yang masih berfungsi harus bekerja lebih keras untuk memasukkan oksigen ke dalam darah dan membuang karbon dioksida. Pasien mungkin juga mengalami kesulitan batuk dengan kekuatan yang cukup untuk menghilangkan lendir di paru-paru.



Simak Video "dr. Tirta Sebut Perjuangan Laura Anna Hadapi Spinal Cord Injury Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)