Kamis, 16 Des 2021 08:02 WIB

Laura Anna Alami Ulkus Dekubitus Sebelum Meninggal, Ini Arti dan Penyebabnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Laura Anna Tuntut Tanggung Jawab Gaga Muhammad Atas Kecelakaan yang Membuatnya Lumpuh Laura Anna sempat mengalami ulkus dekubitus. Foto: Instagram @edlnlaura
Jakarta -

Selain spinal cord injury yang membuat Laura Anna lumpuh, pengalaman kecelakaan Laura Anna pada 2019 membuatnya mengalami ulkus dekubitus. Kondisi apa itu?

Ulkus dekubitus dialami Laura lantaran harus duduk dan berbaring lama di tempat tidur. Kondisi tersebut sempat Laura kisahkan dalam video YouTube milik Nikita Mirzani.

"Kalau nggak nangisnya ke mamah, ya paling ngeluh aja sih sakit-sakit. Aku tuh sakit dekubitus. Jadi, kan aku duduk terus nih. Nah, kalau kelamaan jadinya luka," kata Laura Anna dalam Youtube Crazy Nikmir Real.

Mengenal ulkus dekubitus

Mengacu pada Mayo Clinic, ulkus dekubitus adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Luka baring paling sering terjadi pada kulit yang menutupi area tulang tubuh, seperti tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan tulang ekor.

Kondisi ini berisiko dialami oleh orang-orang dengan kondisi medis yang membatasi kemampuan mengubah posisi tubuh, atau menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur atau kursi.

Luka tersebut dapat berkembang selama berjam-jam atau berhari-hari. Kebanyakan luka sembuh dengan pengobatan. Namun beberapanya tidak bisa sepenuhnya sembuh.

Tanda-tanda ulkus dekubitus

Luka pada ulkus dekubitus terbagi dalam beberapa tahap berdasarkan kedalaman luka, tingkat keparahan, dan karakteristik lainnya. Tingkat kerusakan kulit dan jaringan berkisar dari kemerahan, kulit yang tidak rusak, hingga cedera dalam yang melibatkan otot dan tulang.

Berikut tanda-tanda peringatan luka baring akibat tekanan:

  • Perubahan warna atau tekstur kulit yang tidak biasa
  • Pembengkakan
  • Pengeringan seperti nanah
  • Area kulit yang terasa lebih dingin atau lebih hangat saat disentuh daripada area lain

Misalnya pada orang yang menggunakan kursi roda, luka ulkus dekubitus biasa terjadi pada tulang ekor atau bokong, tulang belikat dan tulang belakang, atau punggung lengan dan kaki.

Sedangkan pada orang yang harus tinggal di tempat tidur, luka tersebut biasanya muncul pada bagian belakang atau samping kepala, tulang belikat, pinggul, punggung bawah atau tulang ekor, tumit, pergelangan kaki, dan kulit di belakang lutut.

Simak Video 'Laura Anna yang Meninggal di Tengah Perjuangan Mencari Keadilan':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)