Kamis, 16 Des 2021 08:31 WIB

Sempat Dialami Laura Anna, Apakah Ulkus Dekubitus Bisa Sebabkan Kematian?

Firdaus Anwar - detikHealth
Laura Anna Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Selebgram Laura Anna meninggal dunia pada Rabu (15/12/2021), saat berjuang melawan spinal cord injury. Laura juga disebut-sebut sempat mengalami ulkus dekubitus, kondisi yang dipercayai sebagian orang sebagai penyebab kematiannya.

Dikutip dari Mayo Clinic, ulkus dekubitus sendiri adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan. Ulkus dekubitus memang berisiko dialami oleh orang-orang dengan kondisi medis yang membatasi kemampuan mengubah posisi tubuh, atau menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur atau kursi.

Pemerhati kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Profesor dr Ari Fahrial Syam, menjelaskan ulkus dekubitus pada beberapa kasus memang bisa jadi pemicu komplikasi yang berujung kematian. Hanya saja ini terjadi bila luka mengalami infeksi yang kemudian meluas menjadi sepsis.

Proses terjadinya komplikasi karena ulkus dekubitus juga tidak mendadak.

"(Meninggalnya) tidak secepat itu. Mustinya kalau ulkus ada proses infeksi dulu dan pasti rawat dulu," kata dr Ari pada detikcom, Kamis (16/12/2021).


Karena ulkus dekubitus terjadi akibat tekanan atau friksi yang berkepanjangan, maka cara terbaik mencegahnya adalah dengan memastikan bagian tubuh tertentu tidak terlalu lama tertekan saat duduk atau tidur. Ini bisa dilakukan dengan cara:

1. Bila memungkinkan, ganti posisi duduk dengan menggeser tubuh ke kiri atau ke kanan setiap 15-20 menit

2. Duduk atau berbaring di permukaan yang empuk

3. Jangan menggunakan alas berbentuk donat karena bisa menimbulkan tekanan di pinggirannya

4. Bila memungkinkan, sekali-kali angkat tubuh

5. Minta bantuan perawat untuk menggeser posisi duduk atau tidur setiap 1-2 jam



Simak Video "dr. Tirta Sebut Perjuangan Laura Anna Hadapi Spinal Cord Injury Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)