ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Des 2021 14:54 WIB

11 Obat Diare Alami yang Mudah Didapatkan di Rumah, Beneran Ampuh?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Obat diare alami (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Datangnya diare secara mendadak, memang selalu membuat kita merasa tidak nyaman. Mulai dari perut yang terus-menerus merasa sakit dan mulas, hingga mengharuskan kita pergi ke kamar kecil untuk buang air besar.

Pada umumnya, diare akan sembuh dalam waktu beberapa hari dengan istirahat dan memperbanyak asupan air putih. Namun, tidak ada salahnya mencoba obat diare yang mampu menyembuhkan mencret lebih cepat.

Lalu, apa saja obat diare alami yang mudah didapatkan di rumah? Berikut 11 obat diare alami yang bisa dicoba untuk pertolongan pertama seperti dirangkum dari berbagai sumber.Meskipun sudah banyak obat diare yang dijual di apotek atau di warung, kita mungkin tidak selalu menyediakannya di rumah. Nah, untuk menggantikannya, bisa menggunakan obat diare alami sebagai pertolongan pertama untuk meredakan mencret.

Obat Diare Alami yang Mudah Didapatkan di Rumah untuk Meredakan Mencret

1. Oralit buatan sendiri

Oralit adalah salah satu obat diare yang paling manjur untuk meredakan mencret. Tak perlu susah-susah pergi ke apotek, kita pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana di rumah.

Cara mengolah oralit

  • Larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air.
  • Aduk hingga merata sampai gula dan garam tersebut larut.
  • Minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali.

Sebagai informasi, gula dan garam adalah elektrolit yang ampuh mengusir dehidrasi akibat diare yang berlebih.

2. Pisang

Selain dikenal sebagai salah satu buah yang enak disantap, ternyata pisang juga merupakan buah yang ampuh untuk mengobati diare secara alami, loh. Pisang sendiri memiliki kandungan kalium yang bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Selain itu, pisang juga mengandung pektin yang bisa menyerap cairan dalam usus yang berguna menjadikan kotoran yang dikeluarkan lebih padat dan tidak berair.

3. Kentang

Obat diare alami berikutnya adalah kentang. Sama seperti pisang, kentang memiliki kandungan kalium yang ampuh untuk meredakan diare atau mencret.

Cara mengolah kentang

  • Kukus kentang tanpa bahan campuran lain, seperti mentega, margarin, atau saus pedas.

4. Jahe

Khasiat jahe yang mengandung sifat anti radang ini memang sangat ampuh untuk mengobati diare yang berlebih. Bahkan, jahe juga berfungsi untuk menenangkan perut, loh.

Cara mengolah jahe

  • Rebus irisan jahe dan diminum selagi hangat.

5. Wortel

Wortel memang dikenal memiliki banyak khasiatnya untuk tubuh. Selain bagus untuk mata, wortel juga dapat dijadikan sebagai obat diare alami yang mudah ditemukan di rumah. Hal ini dikarenakan wortel memiliki pektin yang bisa membuat feses menjadi lebih padat.

Cara mengolah wortel

  • Tumbuk wortel hingga halus dan diblender dengan sedikit air untuk menjadi bubur.

6. Yogurt

Obat diare selanjutnya adalah Yogurt. Yogurt dikenal sebagai makanan dengan probiotik tinggi. Sekadar informasi, probiotik adalah bakteri baik yang berada di dalam sistem pencernaan.

Makanan dengan probiotik tinggi seperti Yogurt ini mampu meningkatkan jumlah bakteri baik untuk menghempas kuman penyebab diare.

7. Air putih

Air putih memang dikenal manjur sebagai obat diare alami. Selain mengatasi mencret yang berlebih, air putih juga bisa membantu mencegah dehidrasi di dalam tubuh.

Saat mengalami diare, tubuh pasti akan kekurangan cairan lantaran kotoran yang terus-menerus dikeluarkan. Untuk itu, air putih adalah obat utama yang wajib dikonsumsi saat diare.

Setidaknya, satu liter air putih per jam bisa dikonsumsi untuk meningkatkan cairan dalam tubuh. Nah, saat diare ada baiknya juga menghindari minuman alkohol, kafein, dan susu ya.

8. Daging kukus

Sejumlah jenis daging, seperti sapi, ikan, ataupun ayam, mampu memberikan protein yang baik untuk mengobati diare atau mencret.

Cara mengolah daging

  • Rebus daging hingga lunak dan matang
  • Ada baiknya juga untuk tidak mengolah daging menggunakan minyak atau mentega saat diare ya.

9. Makanan olahan gandum

Obat diare alami selanjutnya adalah makanan olahan gandum, seperti roti atau pasta. Kedua makanan ini memiliki rendah serat yang mudah dicerna oleh usus dan bahkan memadatkan feses.

Hindari menambahkan bahan-bahan lain, seperti mentega, madu, selai, krim susu, atau saus pedas yang membuat diare semakin parah.

10. Teh Chamomile

Selain minuman jahe, teh chamomile juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat diare alami, loh. Hal ini karena teh chamomile memiliki sifat anti radang dan diare yang membuat usus tetap sehat.

11. Nasi

Obat diare alami yang bisa dicoba adalah memakan nasi. Diketahui, nasi memiliki rendah serat yang bisa mengatasi diare yang berlebih. Namun, diet rendah serat ini tidak dianjurkan untuk dilakukan terus-menerus setelah diare berhenti ya.

Hal ini dikarenakan tubuh bisa kekurangan protein atau asupan lainnya. Setelah diare atau mencret sudah sembuh dan membaik, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi, seperti daging, sayur, dan buah.

Selain obat diare alami, ada beberapa makanan yang wajib dihindari saat mencret. Berikut penjelasannya.

1. Makanan pedas

Makanan yang terbuat dari bahan pedas dapat mengiritasi sistem pencernaan. Itu sebabnya orang yang mengonsumsi makanan pedas akan berurusan dengan diare daripada mereka yang mengonsumsi makanan hambar dan sehat.

2. Gorengan

Ada baiknya menghindari makanan gorengan yang terlalu tinggi lemak atau berminyak saat sembuh dari diare. Hal ini dikarenakan lemak dan minyak sangat sulit untuk diproses oleh sistem pencernaan kita. Dan mungkin, akan membuat diare semakin parah.

3. Makanan manis

Gula memiliki sifat yang dapat mengganggu bakteri-bakteri yang berada di pencernaan. Bahkan, dapat membuat diare semakin parah. Sebaiknya hindari jus buah, buah-buahan tinggi gula, dan pemanis buatan untuk tidak memperparah diare atau mencret yang berlebih.

4. Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi

Selain ketiga makanan di atas, berikut ini sejumlah makanan lain yang patut dihindari saat diare.

  • Bawang merah dan bawang putih
  • Makanan cepat saji
  • Sayuran mentah
  • Makanan yang menghasilkan gas di usus, seperti kubis, brokoli, dan kembang kol
  • Buah sitrus
  • Produk susu

Jika dari 11 obat diare alami yang telah diuraikan di atas tidak ampuh untuk meredakan mencret yang berlebih, ada baiknya langsung pergi ke dokter untuk dicek lebih lanjut terkait kondisi tubuh.



Simak Video "Pertahankan! Kebiasaan Cuci Tangan Bantu Turunkan Angka Kematian Diare"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT