ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 18:00 WIB

Simak! 6 Obat Mencret Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
ilustrasi toilet Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Diare atau banyak juga yang menyebutnya mencret merupakan masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem pencernaan yang cukup umum. Penyakit tersebut harus segera diobati, namun jika hanya bergejala ringan, seseorang bisa mengatasinya dengan menggunakan obat mencret alami ala rumahan.

Umumnya seseorang terkena penyakit tersebut akibat dari kurangnya kebersihan dari makanan atau minuman yang ia konsumsi. Biasanya seseorang yang mengalaminya juga merasakan berbagai gejala, seperti sakit perut, kembung, dehidrasi, dan yang paling umum adalah BAB dengan frekuensi terlalu sering.

Dikutip dari Stylecraze, gejala mencret yang masih dalam kategori ringan dapat diselesaikan dengan mengonsumsi obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tak hanya terbukti ampuh, obat-obatan tersebut juga mudah untuk dibuatnya.

Beberapa Obat Mencret Alami

1. Air Lemon

Beberapa orang percaya bahwa air lemon dapat menjadi obat mencret yang alami. Seseorang bisa mencampurkan air perasan setengah buah lemon ke dalam segelas air.

Tidak lupa untuk menambahkan sedikit garam dan gula, kemudian aduk hingga larut. Minum ramuan ini beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih efektif.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan mikroba penyebab diare. Bahkan, bahan ini juga memiliki fungsi untuk menenangkan usus yang meradang. Cara membuatnya, bisa mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air, bila perlu bisa tambahkan sedikit madu.

Aduk hingga larut ramuan tersebut, kemudian minum. Ramuan tersebut bisa diminum sebanyak 2-3 kali dalam sehari agar gejala akibat masalah pencernaan segera membaik.

3. Minyak Pappermint

Minyak pappermint yang mengandung menthol dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut yang menyertai diare. Tak hanya itu, minyak pappermint juga dinilai dapat meredakan gejala lain akibat sistem pencernaan yang bermasalah.

Tambahkan satu tetes minyak pappermint food grade ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata. Minum ramuan tersebut sebanyak 1-2 kali dalam sehari untuk membantu meredakan gejala diare dengan cepat.

4. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan, seperti mencret. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Yakugaku Zasshi, Journal of Pharmaceutical Society of Japan mengatakan ekstrak aseton jahe dapat membantu mengekang diare yang disebabkan oleh serotonin.

Didihkan 1-2 irisan jahe bersama dengan secangkir air. Setelah itu, saring dan minum ramuan tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

5. Teh Hijau

Banyak orang sepakat bahwa teh hijau merupakan salah satu bahan yang mempunyai berbagai manfaat, salah satunya untuk mengobati diare. Seduh satu sendok teh teh hijau ke dalam secangkir air panas selama 5-7 menit. Kemudian, saring dan minum teh tersebut sebanyak 1-2 kali sehari.

6. Air Beras

Air beras dapat mengurangi jumlah tinja tanpa memiliki efek buruk pada kesehatan seseorang. Tak hanya untuk orang dewasa, air beras juga dipercaya mampu mengobati diare yang terjadi pada anak-anak dan bayi.

Cara mendapatkan air beras adalah dengan menyaringnya langsung dari nasi yang sedang dimasak. Seseorang bisa mengonsumsi air beras sebanyak 2-3 kali sehari atau setiap kali diare menyerang.

Itulah beberapa obat mencret yang dipercaya dapat meredakan diare dalam gejala ringan. Ketika mengalami diare dengan gejala yang berat, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter.



Simak Video "Pertahankan! Kebiasaan Cuci Tangan Bantu Turunkan Angka Kematian Diare"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT