Selasa, 19 Apr 2022 22:00 WIB

7 Obat Diare Alami, Aman, dan Bikin Perut Nyaman!

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
ilustrasi toilet Obat diare alami (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Ada sejumlah obat diare alami yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama. Mengingat diare merupakan masalah sistem pencernaan yang menyebabkan buang air besar encer. Pasalnya, diare bisa membuat kita tidak nyaman lantaran harus bolak balik kamar mandi untuk buang air besar.

Sebenarnya, diare akan sembuh dengan sendirinya, terutama jika dibarengi dengan istirahat yang cukup dan minum air putih yang banyak. Namun, tak ada salahnya jika mencoba beberapa obat diare alami untuk mempercepat pemulihan dan meredakan gejala.

Sebagaimana diketahui, obat diare alami memiliki khasiat untuk meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Selain mudah didapat, beberapa obat diare alami juga aman digunakan lantaran tidak memiliki efek samping.

Obat Diare Alami, Aman, dan Bisa Bikin Perut Nyaman

Berikut ini adalah beberapa obat diare alami yang mudah didapatkan sebagai pertolongan pertama di rumah.

1. Lakukan Diet BRAT

Dikutip dari Medical News Today pada Selasa (19/03/2022), salah satu cara untuk mengobati diare adalah dengan melakukan diet BRAT. Saat terkena diare, kita tidak boleh makan sembarangan. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan berikut:

  • Banana (pisang)
  • Rice (nasi)
  • Applesauce (saus apel)
  • Toast (roti panggang)

Diet ini menggabungkan makanan yang rendah serat dan tinggi pati untuk membantu sistem pencernaan. Diet BRAT juga mengandung nutrisi bermanfaat, seperti potasium dan pektin. Diet BRAT merupakan obat diare alami yang bisa diandalkan

Salah satunya adalah pisang. Selain rasanya yang enak, pisang merupakan buah yang dapat menjadi obat diare alami yang ampuh. Pisang memiliki kandungan kalium yang membantu menggantikan elektrolit yang hilang karena diare.

2. Air Putih

Air putih berperan penting untuk sembuhkan diare. Diare menyebabkan seseorang menjadi kekurangan cairan, lantaran tubuh kehilangan elektrolit penting seperti sodium klorida. Hal ini bisa memicu dehidrasi, yang berbahaya bagi anak-anak dan orang lanjut usia.

Saat diare, minum air putih yang banyak itu penting dilakukan. Karena bisa memenuhi asupan cairan seseorang, air putih bermanfaat menjadi obat diare alami

3. Oralit Buatan Sendiri

Ternyata, minum air putih saja ternyata tidak cukup. Buatlah oralit alami dengan mencampur 1 liter air putih dengan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula.

Mengonsumsi gula dan garam dapat membantu tubuh menyerap cairan secara efisien. Oralit buatan merupakan obat diare alami yang bisa diandalkan

3. Yogurt

Yogurt merupakan obat diare alami, karena dikenal sebagai makanan probiotik tinggi. Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Mereka dapat mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi. Probiotik adalah bakteri yang hidup di dalam beberapa yogurt dan makanan fermentasi lainnya.

Pada tahun 2010, penelitian menemukan bahwa probiotik secara signifikan mempersingkat durasi pemulihan dari diare. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi obat diare alami.

4. Jahe

Obat diare yang berikutnya adalah jahe. Jahe mengandung sifat antiradang yang sangat efektif mengobati diare. Bahkan, jahe juga mampu menenangkan perut.

Caranya, rebus irisan jahe dan minum selagi hangat.

5. Wortel

Secara keseluruhan, wortel memang banyak khasiatnya bagi tubuh. Selain bagus untuk mata, wortel bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami. Ini berkat adanya kandungan pektin dalam wortel yang bisa membuat feses lebih padat.

Caranya, tumbuk wortel hingga halus, lalu diblender dengan sedikit air hingga menjadi bubur.

6. Kentang

Kentang merupakan obat diare alami yang berikutnya. Sama halnya dengan pisang, kentang memiliki kandungan kalium yang efektif meredakan mencret akibat diare.

Caranya, kukus kentang tanpa campuran lain, seperti mentega, margarin, atau saus.

7. Teh Chamomile

Teh chamomile juga memiliki khasiat sebagai obat diare alami. Hal ini berkat sifat antiradang yang terdapat pada teh chamomile, sehingga dapat membuat usus tetap sehat.



Simak Video "Pertahankan! Kebiasaan Cuci Tangan Bantu Turunkan Angka Kematian Diare"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)