Minggu, 19 Des 2021 16:37 WIB

9 Cara Melancarkan Haid Secara Alami, Beneran Ampuh!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Torso of an unrecognizable woman is showing red square card to camera representing with menstruation written in white. Cara melancarkan haid (Foto: Getty Images/iStockphoto/simarik)
Jakarta -

Cara melancarkan haid umumnya sering dicari oleh sejumlah wanita. Hal ini karena sejumlah wanita ada yang memiliki siklus haid yang tidak lancar. Normalnya, haid terjadi setiap 28-36 hari sekali dengan durasi haid berlangsung selama 3-7 hari.

Menstruasi atau haid dapat disebut tidak lancar ketika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya.

Sebelum ke pembahasan cara melancarkan haid, sebaiknya kenali dulu faktor-faktor yang mempengaruhi siklus haid yang tidak lancar. Dikutip dari Cleveland Clinic, berikut faktor yang mempengaruhinya.

  • Stres
  • Alat kontrasepsi
  • Polip rahim atau fibroid
  • Endometriosis.
  • Radang panggul.
  • Sindrom ovarium polikistik.
  • Insufisiensi ovarium prematur
  • Kanker rahim atau kanker serviks.
  • Obat-obatan, seperti steroid atau obat antikoagulan (pengencer darah).
  • Kondisi medis, seperti gangguan pendarahan dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  • Komplikasi yang terkait dengan kehamilan, termasuk keguguran atau kehamilan ektopik

Nah, untuk mendapatkan siklus haid yang teratur, terdapat beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut caranya:

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

1. Istirahat yang cukup

Jadwal haid yang tidak teratur bisa disebabkan dari kurangnya istirahat yang membuat tubuh menjadi kelelahan. Saking kelelahan, kerja organ di dalam tubuh pun juga jadi kurang seimbang.

Cara melancarkan haid ini bisa dilakukan dengan tidur yang cukup agar pikiran dan tubuh menjadi rileks.

Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam untuk melancarkan jadwal haid yang tidak teratur.

2. Kurangi stres

Selain kurang tidur, siklus haid yang tidak teratur juga bisa disebabkan oleh stres. Umumnya, kondisi ini membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berlebih, sehingga siklus haid pun menjadi berantakan.

Jadi, kalau ingin memiliki jadwal haid yang teratur, usahakan untuk hindari stres yang berlebihan ya.

3. Menjaga berat badan

Cara melancarkan haid berikutnya adalah menjaga berat badan. Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memang dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh, terutama hormon siklus haid.

Oleh karena itu, usahakan untuk berolahraga secara teratur agar berat badan lebih terkontrol dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih, sayur, dan buah untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat.

4. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara melancarkan haid yang terlambat. Biasanya, meditasi dilakukan untuk mengurangi kadar stres dan hormon di dalam tubuh.

Cara ini bisa dilakukan dengan menarik nafas di tempat yang tenang, baik itu di dalam ruangan atau di luar ruangan. Posisikan duduk dengan tegak dan rileks. Tenangkan pikiran dengan fokus pada diri dan suara napas.

Lakukanlah cara ini beberapa kali dalam seminggu untuk mengurangi kadar stres yang memicu tidak lancarnya haid.

5. Yoga

Selain meditasi, yoga juga bisa menjadi salah satu cara alami untuk melancarkan haid. Cara ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke tempat kebugaran atau gym.

Pastikan pilih gerakan yoga yang sederhana untuk menghindari cedera pada tubuh ya.

6. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makan yang tinggi serat dan gizi merupakan salah satu cara melancarkan haid dengan cepat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Beberapa penelitian bahkan menyebut kombinasi suplemen vitamin D dan kalsium, mampu membantu melancarkan haid dengan cepat.

Selain dari suplemen dan makanan, vitamin D juga bisa didapatkan dari matahari pagi. Usahakan berjemur di pagi hari mulai dari jam 7 sampai 8 selama 15 menit, ya.

7. Mengganti alat kontrasepsi

Beberapa orang mungkin menggunakan alat kontrasepsi jenis tertentu, seperti suntik KB dan semacamnya untuk menghindari kehamilan. Selain menghindari kehamilan, alat kontrasepsi juga bisa mempengaruhi haid menjadi tidak teratur.

Oleh karena itu, ada baiknya mengganti alat kontrasepsi yang cocok untuk menghindari haid yang tidak teratur dan efek samping lainnya. Usahakan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu ya.

8. Terapi hormon

Cara melancarkan haid berikutnya bisa melakukan terapi hormon. Terapi ini biasanya dilakukan dengan memberikan obat yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu.

Selain itu, terapi ini juga sering kali diberikan untuk wanita dengan siklus haid yang tidak teratur maupun sulit untuk hamil.

9. Menggunakan obat tradisional

Obat tradisional seperti jahe dan kunyit, bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid secara alami.

Cara mengolah kunyit dan jahe

1. Kunyit

  • Gunakan kunyit asli atau bubuk untuk diolah menjadi minuman.
  • Bisa dicampur dengan teh, madu, atau susu untuk mengurangi wangi kunyit yang menyengat.

2. Jahe

  • Rebus jahe ke dalam panci kecil yang sudah terisi air
  • Tunggulah sekitar 20-25 menit agar air rebusan jahe berubah menjadi kecoklatan
  • Tambahkan gula atau madu untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat

Jika dari cara alami yang telah diuraikan di atas tidak ada efeknya, segera kunjungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.



Simak Video "Wanita Menstruasi Aman dari Gagal Jantung, Benarkah? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)