Selasa, 21 Des 2021 05:00 WIB

10 Obat Sakit Pinggang Alami yang Tak Bikin Dompet Jebol

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Woman suffering from back ache on the bed, healthcare and problem concept Obat sakit pinggang (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebanyakan orang dewasa kerap mengalami sakit pinggang, terutama bagi para pekerja berat. Tak jarang dari mereka mengonsumsi obat sakit pinggang yang dijual bebas di apotek. Padahal, obat sakit pinggang bisa didapat dari bahan alami.

Sakit pinggang biasanya terjadi pada seseorang yang berumur 30 - 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh karena penuaan. Selain itu, ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan rasa sakit yang diakibatkan pun berbeda-beda. Penyebab yang sering terjadi meliputi:

  • Ligamen terkilir
  • Otot terlalu meregang berlebihan
  • Otot terkilir secara tiba-tiba
  • Mengangkat beban berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat
  • Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat
  • Cedera saat olahraga

Nah, untuk mengatasi sakit pinggang, selain dengan obat-obatan medis bisa juga dengan obat herbal alami yang keberadaannya mudah ditemukan di rumah.

Berikut detikHealth telah merangkum dari berbagi sumber tentang ramuan obat sakit pinggang yang diyakini bisa menjadi cara alami mengobati sakit pinggang dan punggung. Simak berikut ini:

1. Kompres Air Dingin atau Panas

Mengompres area pinggang dengan air dingin atau air panas bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi pinggang yang sakit.

Biasanya, kompres dingin dibutuhkan untuk meredakan peradangan, sedangkan kompres panas digunakan untuk mengendurkan otot di bagian pinggang yang menegang.

2. Kunyit

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat sakit pinggang alami. Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Masukkan semua bahan ke dalam sebuah panci, rebus hingga mendidih, setelah itu saring air rebusan tersebut. Kemudian ramuan diminum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu sebabnya, konsultasi ke ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan kunyit sebagai obat alami sakit pinggang.

3. Jahe

Jahe mengandung phytochemical yang disebut dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat sakit pinggang alami.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

Cara membuat ramuannya, yaitu siapkan jahe yang telah dicuci bersih dan diiris tipis, tambahkan alkohol 75% dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Campurkan semua bahan tersebut dan difermentasikan selama dua minggu. Setelah itu, oleskan bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri.

4. Bawang Putih

Kandungan allicin dalam bawang putih merupakan salah satu komponen aktif yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin, kalsium, dan mineral yang dipercaya bisa membantu meredakan sakit pinggang.

Untuk pembuatannya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah, dan larutan alkohol 75%, lalu rendam selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, ramuan ini bisa digunakan sebagai obat oles untuk pinggang yang terasa nyeri atau sakit.

5. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga dapat dijadikan sebagai obat sakit pinggang yang alami. Sejak dulu masyarakat Indonesia meyakini bahwa bawang merah dapat mengurangi rasa nyeri, sekaligus menyembuhkan sakit pinggang.

Bawang merah mengandung komponen aktif yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tannin.

Cara pembuatannya adalah, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma cina. Kemudian, tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

6. Daun Sirsak

Daun sirsak sejak dulu sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirsak yang digunakan untuk obat sakit pinggang alami dan tradisional adalah daun sirsak tua dengan warna yang hijau tua.

Daun sirsak mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, fospor dan kalsium, dan lemak. Sehingga dipercaya sebagai salah satu tanaman obat sakit pinggang.

7. Minyak Peppermint

Sifat antiinflamasi, antimikroba, dan pereda nyeri yang ada dalam peppermint bisa dijadikan sebagai obat sakit pinggang alami.

Caranya cukup mudah, yakni encerkan minyak esensial peppermint dengan carrier oil atau minyak pembawa. Kemudian, oleskan dan pijat secara pelan ke area yang terasa sakit atau nyeri. Bisa juga gunakan minyak esensial ini sebagai campuran pada air untuk mandi.

8. Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing banyak ditemui di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan. Kandungan zat kimianya seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk sakit pinggang.

Caranya tidak jauh berbeda dengan cara membuat ramuan lainnya, yakni rebus akar dan daun tanaman kumis kucing yang telah dicuci bersih. Tunggu hingga air rebusannya menjadi setengah. Diamkan selama satu malam, kemudian ramuan ini bisa diminum keesokan harinya.

9. Rambut Jagung

Obat sakit pinggang dan punggung lainnya adalah jagung. Tapi, kali ini rambut jagung yang digunakan dan dipercaya sebagai obat sakit pinggang alami.

Caranya pun mudah, cuci sampai bersih rambut jagung, dan siapkan jahe merah, adas, dan buah takokak. Lalu, tambahkan air satu liter dan rebus hingga mendidih. Kemudian, ramuan ini dianjurkan langsung diminum saat masih hangat.

10. Cherry

Cherry mengandung antioksidan dan antiperadangan sehingga dipercaya dapat dijadikan sebagai obat sakit pinggang alami dan mampu meredakan rasa nyeri.

Cobalah dengan meminum segelas jus cherry setiap hari dan amati apakah memiliki efek positif dalam meredakan sakit punggung. Mengonsumsi jus cherry juga dapat meredakan nyeri otot bahkan hingga kondisi yang kronis.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)