Selasa, 21 Des 2021 06:20 WIB

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Alami, Mumpung Belum Mentok!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Happy mother measuring her son against the wall at home - parenting concepts Cara menambah tinggi badan (Foto: Getty Images/andresr)
Jakarta -

Cara menambah tinggi badan kerap kali dicari oleh banyak orang. Bagaimana tidak, memiliki tubuh dengan postur yang tinggi tentu menjadi idaman banyak orang.

Pada umumnya, pertumbuhan tinggi wanita berhenti pada usia 14-15 tahun, sedangkan pria pada usia 16 tahun.

Setelah melewati usia tersebut, tidak tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan secara drastis. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sehat dan alami untuk menambah tinggi badan.

Sebisa mungkin hindari penggunaan obat atau suplemen penambah tinggi di pasaran, karena belum tentu aman dan cocok digunakan.

Cara Menambah Tinggi Badan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 12 cara menambah tinggi badan secara cepat dan alami.

1. Konsumsi makanan bergizi

Cara menambah tinggi badan yang pertama adalah konsumsi makanan yang bergizi, terutama kaya akan kandungan vitamin D.

Sebagaimana diketahui, vitamin D sangat bagus untuk kesehatan tulang. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, dan keju.

2. Minum susu

Bicara soal vitamin D, susu merupakan salah satu cara menambah tinggi badan yang sehat dan ampuh.

Bagaimana tidak, susu mengandung sumber vitamin D yang bagus untuk menambah tinggi badan dan memperkuat tulang.

3. Tidur yang cukup

Kurangnya tidur selama masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan loh. Untuk anak berusia 6-13 tahun, jam tidur yang ideal adalah 9-11 jam.

Pada remaja berusia 14-17 tahun membutuhkan waktu tidur malam sekitar 8-10 jam. Sedangkan orang dewasa berusia 18-64 tahun, waktu idealnya tidur dalam 7-9 jam dalam sehari.

4. Perbaiki postur

Semakin bertambah usia, postur tubuh akan semakin membungkuk dan terlihat lebih pendek.

Ditambah lagi kegiatan kita sehari-hari seperti duduk, berdiri, dan berjalan dalam kondisi membungkuk.

Oleh karena itu, memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang, merupakan salah satu cara yang bisa membuat badan terlihat lebih tinggi secara alami. Selain itu, memperbaiki postur tubuh juga akan mencegah sakit kepala dan sakit punggung.

5. Yoga

Cara menambah tinggi berikutnya adalah melakukan yoga. Yoga adalah salah satu olahraga yang bisa dicoba di rumah untuk menambah tinggi.

Hal ini disebabkan karena yoga bisa menguatkan otot, meluruskan, dan membantu postur tubuh yang terlihat lebih tegak dan tinggi.

6. Peregangan

Melakukan peregangan juga bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan secara alami. Salah satu gerakan yang bisa dilakukan adalah leg stretch. Cara peregangan ini bisa dilakukan sambil duduk dan meluruskan kedua kaki ke depan.

Setelah itu, coba jangkau dan sentuh ujung jari kaki dengan tangan. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

7. Olahraga renang

Renang merupakan salah satu cara menambah tinggi badan dengan berolahraga. Hal tersebut disebabkan karena olahraga ini dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga mendorong bertambahnya tinggi badan.

8. Bersepeda

Selain renang, bersepeda juga mampu meninggikan badan secara alami loh. Cara ini umumnya akan menarik tulang untuk tetap tumbuh.

Jangan lupa atur kursi sepeda agar lebih tinggi dan biarkan jari kaki yang bersentuhan dengan pedal.

9. Lompat tali

Selanjutnya adalah lompat tali. Olahraga ini diklaim mampu menstimulasi otot kaki sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Untuk itu, olahraga ini cukup dilakukan selama 15 menit setiap hari.

10. Kuatkan otot tubuh

Otot tubuh yang kuat dapat membantu memelihara postur tubuh yang tegap dan terlihat lebih tinggi.

Beberapa latihan yang bisa dilakukan antara lain push up, plank, maupun crunch.

11. Tidur dengan posisi yang benar

Tidur dengan posisi yang salah dapat menyebabkan tulang melengkung dan postur tubuh yang membungkuk. Akan tetapi, jika menerapkan cara tidur yang benar, bisa membantu menambah tinggi badan loh.

Misalnya tidur tanpa memeluk guling dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

12. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan yang tidak sehat dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan, baik itu mengonsumsi makanan junk food, merokok, atau meminum kafein dan alkohol.

Sebaiknya mulailah menerapkan hidup sehat agar tinggi badan semakin bertambah.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)