Jumat, 29 Okt 2021 06:31 WIB

Olahraga Apa yang Bisa Menambah Tinggi Badan? Dokter Bocorkan Kuncinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Male basketball player with a ball over dark background. Fit young man in sportswear holding basketball. Benarkah olahraga basket bisa menambah tinggi badan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/natasaadzic)
Jakarta -

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, olahraga termasuk salah satu di antaranya. Benarkah olahraga tertentu seperti basket dan renang bisa menambah tinggi badan?

Pada dasarnya, tinggi badan masih bisa bertampah ketika seseorang masih dalam masa pertumbuhan. Nutrisi turut berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan tinggi badan, dan selebihnya faktor genetik paling banyak menentukan.

Bagaimana dengan olahraga? Banyak yang meyakini, olahraga tertentu seperti basket dan lompat tali, atau bahkan renang, bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Faktanya, olahraga apapun bisa memberikan efek serupa.

"Prinsipnya yang penting bergerak ya. Adanya pembebanan atau tarikan-tarikan otot terhadap tulang itulah yang akan merangsang pertumbuhan tulang," kata dr praktisi kebugaran dari Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) RS Mayapada, dr Grace Joselini Corlesa,MMRS,SpKO.

"Berenang, basket, itu kan ada gerakan otot yang banyak, sehingga menarik tulang," jelasnya kepada detikcom.

Jenis olahraga yang tidak terlalu memberikan manfaat pada tinggi badan, menurut dr Grace adalah olahraga yang sedikit melibatkan gerakan otot. Misalnya, e-sport.



Simak Video "Tips Aman Berolahraga di Tengah Buruknya Udara Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)