Sabtu, 10 Apr 2021 05:58 WIB

7 Olahraga Penambah Tinggi Badan, Renang hingga Bergelantungan

Tim detikHealth - detikHealth
Ilustrasi tinggi badan anak Olahraga penambah tinggi badan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, mulai dari genetik hingga keturunan. Salah satu yang tidak kalah penting adalah olahraga.

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr Joseph Gigante, dikutip dari laman Mom.

Kombinasi berbagai faktor akan menentukan apakah pertumbuhan tinggi badan seseorang bisa maksimal atau tidak. Secara genetik punya 'bakat' jangkung, kalau nutrisi dan faktor lain tidak terpenuhi maka hanya akan jadi 'bakat' terpendam.

Beberapa olahraga yang diyakini bisa membantu meningkatkan tinggi badan adalah sebagai berikut:

1. Stretching

Peregangan atau stretching merupakan komponen penting dalam olahraga apapun. Selain melenturkan otot-otot, peregangan juga penting untuk menjaga rang of motion saat beraktivitas.

Gerakan peregangan yang berguna untuk menambah tinggi badan antara lain berdiri membelakangi dinding lalu mengangkat tangan setinggi mungkin.

2. Bergelantungan

Anak-anak biasanya suka bergelantungan. Bukan hanya menyenangkan, permainan olahraga ini juga berguna untuk meluruskan tulang belakang. Postur ideal akan membuat tinggi badan lebih optimal.

3. Yoga

Ada banyak sekali gerakan stretching dalam yoga. Beberapa pose dalam yoga juga efektif mendorong pertumbuhan tinggi badan.

Selain itu, renang dan lompat tali juga punya manfaat terkait tinggi badan.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Tips Denada Tambunan untuk Pemula yang Ingin Olahraga Zumba"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)