Pria Ngaku Divaksin Corona 16 Kali, Apa Efeknya ke Tubuh? Ini kata dr Tirta

ADVERTISEMENT

Pria Ngaku Divaksin Corona 16 Kali, Apa Efeknya ke Tubuh? Ini kata dr Tirta

Ayunda Septiani - detikHealth
Rabu, 22 Des 2021 10:30 WIB
dr Tirta Mandira Hudhi
Foto: Ayunda Septiani/detikHealth
Jakarta -

Heboh warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Abdul Rahim mengaku pernah disuntik vaksin COVID-19 16 kali. Aksinya ini disebut-sebut demi meraup sejumlah uang.

Terkait isu yang ramai dibahas, dokter yang juga influencer Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta menanggapi pria yang mengaku menjadi joki vaksin untuk beberapa orang.

"Mantep, wis ngluwihi thanos bosku, dan ajukan rekor dunia "orang yg mendapat vaksin covid terbanyak di dunia," jelas dr Tirta, dalam postingan Instagram miliknya, setelah dikonfirmasi detikcom, Rabu (22/21/21).

"Apa efeknya di vaksin 16x? Tergantung kondisi badan masing2 orang. Jika kuat, ya ga ada efeknya, tapi kalo ga kuat, bisa terjadi reaksi alergi yg parah," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



Selain itu, dr Tirta juga mengatakan bahwa sistem verifikasi untuk vaksinasi di Indonesia masih belum sempurna.

"Joki vaksin, ini pertanda verifikasi data kita masih ga bagus. Instruksi dari hulu, ga dilanjutkan dengan bagus sampai hilir," pungkas dr Tirta.

Sebagai informasi, uang yang didapat Abdul dari 'joki' vaksinasi disebutnya berkisar Rp 100 hingga 800 ribu.

Selain itu, selama 3 bulan menerima 16 kali vaksin COVID, Abdul mengaku hanya merasakan lemas. Tapi, setiap menjelang dan sesudah vaksinasi, dia selalu meminum air kelapa.

"Tapi tidurnya enak, sebelum dan sesudah divaksin minum air kelapa, dua minggu terakhir ini pernah 3 kali sehari," beber Abdul.

Simak Video 'Geger Pengakuan Joki Vaksin Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT