Kamis, 23 Des 2021 21:16 WIB

Hipertensi Kambuh, Mbah Minto Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Kamar Mandi

Achmad Syauqi - detikHealth
Siapa itu Mbah Minto? Pertanyaan ini muncul terkait sosok yang viral berkat parodi Gagal Mudik di Youtube. Bagaimana sosok beliau? Mbah Minto. (Foto: (tangkapan layar IG ucup_jbsklaten))
Klaten -

Penyebab meninggalnya Minto Suwito Siyam atau akrab disapa Mbah Minto (85), artis parodi gagal mudik asal Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah akhirnya terungkap. Menurut keterangan keluarga, sang nenek yang juga bintang iklan itu meninggal setelah hipertensi atau sakit darah tingginya kambuh.

"Ditemukan sudah koma di kamar mandi. Yang menemukan cucunya, anak kakak saya yang menemani setiap hari," ungkap anak bungsu Mbah Minto, Sudiono pada wartawan, Kamis (23/12/2021) siang.

Dijelaskan Sudiono, 15 hari lalu sang ibu sempat membuat konten iklan bumbu dapur. Setelahnya, Mbah Minto istirahat tiga hari.

"Kamis sampai Sabtu libur shooting tapi Minggu siang (12/12) ditemukan di kamar mandi. Saat itu Aris, keponakan saya pulang kerja tapi si mbok tidak ada, kamar mandi tertutup," sambung Sudiono.

Saat pintu diketuk, tutur Sudiono, tidak ada suara sehingga mengajak keponakan lainnya. Saat dilihat, kondisi Mbah Minto sudah tidak sadar di kamar mandi.

"Sudah tidak sadar. Dibawa ke RSD Bagas Waras dua hari dan di RS Islam tujuh hari, sebelumnya tensi memang sering naik," terang Sudiono.

Saat kambuh, ucap Sudiono, Mbah Minto biasa dibawa ke RSD Bagas Waras, dirawat hingga sembuh. Namun, beberapa waktu belakangan hipertensi mendiang Mbah Minto kerap kambuh.

"Biasanya begitu, kambuh dibawa RSD Bagas Waras, diinfus, dirawat lalu pulang. Besoknya kambuh lagi, kalau 4-5 kali mungkin ada akhir-akhir ini," imbuh Sudiono.

Tofik (46) anak ketiga Mbah Minto mengatakan, ibunya mengidap darah tinggi sudah lama. Kondisi ini yang memicu sang ibu sering drop dan dibawa ke RS.

"Si Mbah itu sering drop, kalau empat atau lima kali mungkin ada. Tapi saya dan lainnya untungnya sempat menunggui," kata Tofik pada detikcom.

Sementara Riswanto (26) cucu Mbah Minto menceritakan keseharian neneknya sebelum meninggal dunia.

"Keseharian si Mbah itu biasa, memasak dan kegiatan lainnya, tidak sambat sakit. Padahal sejak lama punya penyakit darah tinggi, saya pernah antar sekali periksa karena darah tingginya," ungkap Riswanto pada wartawan.

Artis parodi gagal mudik saat pandemi, Mbah Minto (85 tahun) tutup usia pada Rabu (22/12/2021) sekitar pukul 21:00 WIB di RS Islam Klaten.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)