ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Des 2021 05:19 WIB

Round Up

Penyebab Mbah Minto Meninggal Diungkap, Hipertensi lalu Tak Sadarkan Diri

Achmad Syauqi - detikHealth
Klaten -

Minto Suwito Siyam (85) alias Mbah Minto meninggal Rabu malam (22/12/2021). Penyebab meninggalnya bintang parodi 'dilarang mudik' tersebut diungkap, Mbah Minto sakit apa?

Kepada wartawan, keluarga menyebut hipertensi kambuh membuatnya tak sadarkan diri sebelum wafat.

"Ditemukan sudah koma di kamar mandi. Yang menemukan cucunya, anak kakak saya yang menemani setiap hari," ungkap anak bungsu Mbah Minto, Sudiono pada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Mbah Minto ditemukan tidak sadarkan diri di kamar mandi pada Minggu siang (12/12/2021). Oleh keluarga ia lalu dilarikan ke RSD Bagas Waras dan dirawat selama 2 hari, sebelum akhirnya dibawa ke RS Islah dan menjalani perawatan selama 7 hari.

Sudiono mengisahkan, Mbah Minto memang kerap mengalami kekambuhan hipertensi. Belakangan Mbah Minto memang harus dirawat jika hipertensinya kambuh.

"Biasanya begitu, kambuh dibawa RSD Bagas Waras, diinfus, dirawat lalu pulang. Besoknya kambuh lagi, kalau 4-5 kali mungkin ada akhir- akhir ini," imbuh Sudiono.

Anak ketiga Mbah Minto, Tofik (46) menyebut neneknya memang sering drop karena darah tinggi. Penyakit ini sudah lama diidap nenek asal Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, tersebut.

"Keseharian si Mbah itu biasa, memasak dan kegiatan lainnya, tidak sambat sakit. Padahal sejak lama punya penyakit darah tinggi, saya pernah antar sekali periksa karena darah tingginya," ungkap Riswanto (26), cucu Mbah Minto.

Apa itu hipertensi?

Dikutip dari Mayo Clinic, hipertensi merupakan kondisi umum yang terjadi akibat tekanan darah yang terlalu tinggi dalam jangka panjang terhadap dinding arteri. Kondisi ini dapat berakibat pada berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Banyak orang dengan hipertensi tidak merasakan gejala apapun, bahkan ketika level tekanan darah sudah membahayakan. Beberapa orang mengalami gejala berikut:

  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Mimisan

Meski demikian, gejala tersebut tidak spesifik dan bisa terjadi karena sebab lain.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT