Jumat, 24 Des 2021 11:35 WIB

Catat, Ini 10 Obat Kolesterol Herbal yang Mudah Dicari

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Garlic Cloves and Bulb for food cooking in the kitchen Bawang putih obat kolesterol herbal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/graphixchon)
Jakarta -

Meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Beberapa jenis obat kolesterol herbal diklaim dapat membantu menurunkannya.

Kolesterol tinggi dapat menimbulkan gejala seperti pusing, pegal, tangan dan kaki terasa sakit, sering kesemutan, hingga nyeri dada.

Hal ini perlu diwaspadai karena kolesterol bisa menyebabkan penumpukan di dalam pembuluh darah yang dapat berisiko pada organ jantung.

Selain menjaga pola hidup yang baik dan menggunakan obat sintetis untuk menurunkan kolesterol, beberapa tanaman herbal diklaim ampuh sebagai obat tradisional kolesterol. Bahkan, tanaman-tanaman tersebut mudah untuk dicari di rumah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet obat kolesterol herbal yang bisa dicoba dan mudah dicari:

Obat Kolesterol Herbal

1. Daun salam

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, daun salam juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol herbal yang aman. Daun salam diklaim dapat menurunkan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan maag.

Kandungannya yang kaya akan senyawa flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

2. Bawang putih

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah bawang putih. Kandungan senyawa flavonoid dan saponin pada bawang putih diklaim memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

3. Daun sirsak

Daun sirsak memang sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah untuk dicari dan bahkan diklaim sangat efektif.

Salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya memberikan khasiat pada rambut dan wajah, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat kolesterol herbal.

Kandungannya yang kaya vitamin, seperti vitamin B3 (asam nikotinat), vitamin C, enzim lipase, dan asam folat dipercaya dapat menebas kolesterol jahat dengan efektif.

5. Daun kelor

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah daun kelor. Tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas.

Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

6. Astragalus

Astragalus merupakan ramuan atau jamu yang diklaim dapat memengaruhi kadar kolesterol tinggi. Sifatnya yang antibakteri dan inflamasi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Jahe

Selain digunakan sebagai minuman yang nikmat, jahe juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol herbal. Menurut studi tahun 2014, jahe diklaim sangat efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi dan trigliserida.

Sebagai informasi, trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama di dalam tubuh, berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi.

8. Hawthorn

Mungkin beberapa orang ada yang asing mendengar apa itu hawthorn. Sebagai informasi, hawthorn adalah semak berduri yang umum dalam keluarga mawar yang biasa tumbuh di lereng bukit di seluruh dunia.

Selama berabad-abad, hawthorn digunakan sebagai obat kolesterol herbal untuk menebas lemak jahat di dalam tubuh. Bahkan, tanaman ini juga berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi loh.

9. Beras ragi merah

Beras ragi merah adalah ramuan jamu yang digunakan sebagai obat kolesterol herbal. Jamu ini terbuat dari bahan alami berupa beras yang difermentasikan dengan sejenis jamur bernama monascus purpureus atau ragi.

10. Biji rami

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah biji rami. Tanaman ini mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi atau disebut asam lemak omega-3 yang dapat mengendalikan kadar kolesterol untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, perlu diperhatikan juga pemilihan makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi. Dikutip dari Healthline, berikut makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi.

  • Telur
  • Keju
  • Kerang
  • Daging
  • Ikan sarden
  • Yogurt
  • Makanan berminyak
  • Makanan cepat saji (mie dan makanan kaleng)
  • Makanan penutup (kue, es krim, dan kue kering)

Itulah 10 obat kolesterol herbal yang mudah dicari. Sebaiknya jangan menyepelekan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti nyeri dada, serangan jantung, maupun stroke.



Simak Video "Situasi Covid-19 yang Mengkhawatirkan di Korea Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)