Jumat, 24 Des 2021 13:15 WIB

8 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Cepat

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Young woman got nose allergy, flu sneezing nose Cara menyembuhka pilek. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pilek menjadi penyakit yang kerap dialami banyak orang saat cuaca sedang ekstrem, terutama di musim penghujan. Cara menyembuhkan pilek dengan cepat bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa menggunakan obat.

Saat pilek, pasti kamu akan merasakan hidung tersumbat dan juga bersin. Hal ini tentu membuat kamu kurang nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pilek atau flu bisa disebabkan karena common cold (selesma), influenza, rhinitis alergi, serta sinusitis.

Jika kamu sedang mengalami pilek atau flu, namun tidak ingin mengonsumsi obat-obatan medis, maka beberapa cara berikut mungkin bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan pilek dengan cepat.

1. Konsumsi banyak cairan

Mengonsumsi cairan seperti air putih dan jus buah bisa mengurangi gejala pilek terutama yang disebabkan oleh influenza dan common cold. Dengan banyak minum, dapat membantu mengencerkan lendir yang berada dalam saluran hidung dan tenggorokan.

Beberapa jenis minuman yang aman dan boleh dikonsumsi saat sedang pilek, seperti air putih, jus buah dan teh hangat.

2. Teh panas dan lemon

Udara dingin bisa membuat daya tahan tubuh cepat menurun. Tubuh pun mudah terserang flu dengan gejala pilek dan batuk. Teh panas yang diberi campuran jeruk lemon mengandung vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Lemon dapat merangsang pengeluaran dahak dan membantu tubuh cepat pulih dari pilek. Cara menyembuhkan flu dalam sehari bisa dilakukan dengan menambahkan air jeruk lemon segar dengan teh panas dan bisa ditambahkan dengan madu atau gula batu sebagai pemanis.

3. Mengonsumsi sup hangat

Mengonsumsi sup hangat bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek atau flu tanpa perlu minum obat. Sup mengandung protein yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh. Campuran sayur-sayuran yang tinggi akan antioksidan dan juga vitamin serta mineral dapat mempercepat pemulihan.

Jika pilek atau flu sedang menyerang tubuh, kamu bisa mengonsumsi sup ayam atau daging sapi dengan campuran sayuran agar pilek dan flu bisa sedikit mereda.

4. Konsumsi probiotik dari yogurt

Probiotik adalah bakteri dan ragi "ramah" yang ditemukan di tubuh, beberapa makanan, dan suplemen. Probiotik dapat membantu menjaga usus dan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan sakit karena infeksi saluran pernapasan atas.

Probiotik dapat diperoleh dari yogurt. Selain manfaat potensialnya untuk sistem kekebalan, yogurt adalah camilan sehat yang menyediakan banyak protein dan kalsium.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas. Ini juga dapat mengurangi keparahan gejala pilek. Misalnya, dapat meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Berkumur dengan air garam mengurangi dan mengendurkan lendir, yang mengandung bakteri dan alergen. Untuk mencobanya, cukup larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas penuh air. Kumur di sekitar mulut dan tenggorokan, kemudian lakukan berulang kali.

6. Terapi uap panas

Menghirup uap panas bisa dipraktikkan di rumah untuk membantu mengobati pilek. Cara menyembuhkan pilek dengan cepat bisa dilakukan dengan memanaskan air hingga menghasilkan uap dan menambahkan oil peppermint atau minyak kayu putih.

Tempatkan wajah di atas uap selama 20-30 menit. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan beristirahatlah jika uap ini terlalu panas di wajah kamu.

7. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi gejala pilek dan flu pada orang dewasa. Selain itu, menambahkan garam epsom dan soda kue ke dalam air dapat mengurangi nyeri tubuh. Menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti tea tree oil, juniper, rosemary, thyme, jeruk, lavender, atau kayu putih, mungkin juga memiliki efek yang menenangkan.

8. Akupresur

Kabarnya, teknik akupresur merupakan salah satu cara menyembuhkan pilek dengan cepat. Berbeda dengan akupuntur yang menggunakan jarum, akupresur tidak dilakukan dengan bantuan jarum melainkan menekan beberapa titik tubuh yang ditekan-tekan dengan jari selama beberapa menit dan berulang hingga efeknya dirasakan.

9. Neti pot

Cara meyembuhkan pilek atau flu lainnya adalah dengan bantuan neti pot. Neti pot merupakan alat berbentuk teko kecil yang diisi air dan larutan garam. Fungsinya adalah untuk mengatasi peradangan sinus dengan mengaliri sinus dengan air menggunakan neti pot. Alat ini bisa membantu keluarkan lendir melalui cairan.



Simak Video "China Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H3N8 pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)