Jumat, 24 Des 2021 16:02 WIB

AS Laporkan Wabah Listeria di Salad Kemasan, 3 Orang Meninggal Dunia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
kelelawar dalam salad kemasan Wabah listeria ditemukan di salad kemasan, 3 orang meninggal. (Foto ilustrasi: Gatty Images)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyelidiki dua wabah listeria. Wabah ini terkait dengan salad kemasan yang diproduksi perusahaan AS yaitu Dole PLC dan Fresh Express.

Penyelidikan wabah listeria dilakukan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). CDC melaporkan dari 26 kasus, 22 di antaranya dirawat di rumah sakit dan 3 orang meninggal dunia.

Awal pekan ini, perusahaan terkait telah mengumumkan penarikan beberapa produk mereka atas kemungkinan bakteri listeria. Bakteri listeria bisa menyebabkan penyakit parah yang dikenal sebagai listeriosis invasif dan bisa berisiko kematian.

Merek-merek yang ditarik dari Fresh Express termasuk Fresh Express, Bowl & Basket dan Giant Eagle, sedangkan merek-merek Dole adalah Ahold, Dole, Kroger dan Little Salad Bar.

Paket yang terkena dampak diproses di fasilitas Dole di Bessemer City, North Carolina dan Yuma, Arizona, sementara produk Fresh Express dibuat di Streamwood, Illinois.

Bagaimana gejala infeksi listeria?

Dalam catatan FDA, konsumen yang terpapar infeksi listeriosis harus segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. Gejala awal yang banyak dilaporkan adalah:

  • Demam
  • Nyeri otot
  • Mual
  • Muntah
  • Diare.

Tanda infeksi semakin parah:

Jika infeksi listeriosis semakin parah, gejalanya mungkin termasuk sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan dan kejang-kejang. Untuk usia yang sangat muda, lansia, dan orang yang kekebalan tubuhnya lemah, listeriosis dapat menyebabkan kematian.



Simak Video "Kemenkes soal PeduliLindungi Diduga Langgar HAM: Akan Pelajari Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)