Sabtu, 25 Des 2021 10:00 WIB

Ketua PB IDI Minta Dokter Budayakan Riset dan Penelitian, Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Doctor using a digital tablet. Technology and medicine concept Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths
Jakarta -

Penelitian dan riset adalah elemen penting dalam ilmu kedokteran. Penelitian sangat berperan penting khususnya untuk menghadapi pandemi di masa depan.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Daeng M Faqih, SH, MH mendorong para dokter di Indonesia agar memiliki budaya dan semangat melakukan riset.

"Ke depan, dengan budaya riset yang baik dan pemerintah juga mendorong budaya riset di tanah air ini kita akan bisa mendorong inovasi dan kemandirian di bidang pelayanan kesehatan dan industri pendukung pelayanan kesehatan," ujar dia dalam konferensi pers Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia 2021 oleh Kalbe Farma yang digelar daring.

Menurut Daeng, masih belum cukup banyak dokter di Indonesia yang melakukan penelitian. Jumlah jurnal hasil riset di Indonesia juga jauh lebih kecil dari negara lain.

Lebih lanjut, apabila semangat dan budaya dokter Indonesia untuk melakukan riset terbentuk maka yang bisa diharapkan kemudian yakni kebijakan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan berbasis riset sehingga terukur.

"Dengan terobosan riset ke depan, inovasi dan kemandirian harapannya bisa didorong," tutur dia.



Simak Video "Studi Plasma Konvalesen: Bisa Jadi Alternatif Namun Efektifitasnya Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)