Selasa, 28 Des 2021 11:44 WIB

Updated

Sempat ke SCBD, Pasien Transmisi Lokal Omicron di RI Tak Ada Perjalanan ke LN

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wisatawan melewati Bandara Internasional Salt Lake City Senin, 27 Desember 2021, di Salt Lake City. (Foto AP/Rick Bowmer) Ilustrasi Omicron (Foto: AP/Rick Bowmer)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengumumkan penularan lokal varian Omicron. Pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan kasus lokal ini dialami laki-laki usia 37 tahun, tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

"Pasien tiba di Jakarta pada 6 Desember, kemudian 17 Desember mengunjungi restoran di SCBD, Jakarta,"

Setelah itu pada 19 Desember melakukan tes antigen karena pasien akan kembali ke Medan namun hasilnya positif. Pasien lalu melakukan tes PCR pada 20 Desember yang hasilnya positif.

Hasil sampelnya kemudian dikirimkan untuk pengecekan genome sequencing. Per 26 Desember diketahui pasien tersebut positif varian Omicron.

Saat ini Kemenkes sedang melakukan tracing pada kontak erat pasien dan juga tempat-tempat yang ia kunjungi, seperti restoran di daerah SCBD dan apartemen tempatnya tinggal selama di Jakarta.

Pasien tersebut saat ini dirawat di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso. Tidak ada gejala khas yang dikeluhkan pasien tersebut dan dinyatakan asimptomatik.

"Sebenarnya tidak bergejala sampai dengan hari ini. Tidak ada gejala khusus ya, jadi orang ini tanpa gejala," pungkas dia.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)