Selasa, 28 Des 2021 15:58 WIB

8 Obat Keseleo Alami yang Bantu Redakan Nyeri dan Bengkak

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Setiap hari, puluhan orang selalu mendatangi rumah sederhana di daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Mereka datang untuk menyembuhkan penyakit patah tulang, keseleo, dll. Ada beberapa bahan yang bisa jadi obat alami keseleo. (Foto lilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Keseleo atau terkilir biasanya terjadi ketika seseorang sedang berolahraga kemudian cedera, atau mengangkat benda yang berat dengan posisi salah. Untuk mengatasi keseleo bisa dengan obat keseleo alami yang membantu redakan nyeri dan bengkak.

Dikutip dari Mayo Clinic, keseleo adalah peregangan atau robeknya ligamen yang menghubungkan dua tulang di persendian. Keseleo paling umum terjadi di pergelangan kaki. Namun, bisa juga terjadi di lutut, pergelangan tangan, bahkan jempol.

Keseleo ringan dapat berhasil diobati di rumah. Tetapi, keseleo yang parah terkadang memerlukan pembedahan untuk memperbaiki ligamen yang robek. Meski demikian, beberapa obat keseleo alami ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan bengkak akibat keseleo.

1. Kompres dengan es

Langkah pertama setelah mengistirahatkan bagian yang keseleo adalah kompres dengan es batu. Mengompres kaki dengan es merupakan obat keseleo alami yang mampu meredakan sekaligus memberi rasa sejuk pada bagian keseleo yang nyeri dan bengkak.

Caranya dengan membungkus beberapa es batu dengan handuk kemudian tempelkan pada bagian yang nyeri. Lakukan selama 15-20 menit setiap 2-3 jam sekali. Teruslah melakukan cara ini selama 1-2 hari.

2. Ramuan dari almond

Ramuan ini berkhasiat menghilangkan rasa sakit akibat keseleo dalam waktu yang relatif cepat. Caranya, campurkan satu sendok garlic oil dengan almond oil lalu hangatkan beberapa saat. Setelah itu, gunakan campuran ini untuk memijat bagian keseleo.

Selain dicampurkan dengan garlic oil, almond oil bisa juga dilarutkan dengan thyme oil karena bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika tidak memiliki almond oil, bisa juga dilarutkan dengan sedikit air. Pijat pada otot sakit untuk mengurasi rasa nyeri dan bengkak.

3. Minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil juga berkhasiat untuk obat keseleo alami untuk meredakan sakit dan pembengkakan. Caranya penggunaanya, hangatkan sedikit castor oil dan pijat di bagian yang sakit selama 5-10 menit.

Atau bisa juga dengan mencampurkan beberapa sendok minyak kayu putih dengan minyak rosemary. Lalu pijat dengan perlahan pada bagian yang sakit. Cara ini meningkatkan sirkulasi darah ke otot yang terkilir sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak.

4. Gel dari chesnut

Mungkin gel dari chesnut terdengar asing, namun gel dari kacang yang satu ini berguna untuk mengatasi keseleo karena mengandung zat aescin yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada otot. Selain itu, aescin berguna membantu memulihkan otot yang terkilir. Caranya, cukup oleskan pada daerah yang terkilir dengan gel chestnut ini.

5. Kunyit

Kulit memiliki khasiat antiinflamasi dan membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Ini bisa membantu menyembuhkan dan menghilangkan peradangan akibat terkilir.

Caranya, tumbuk beberapa kunyit lalu campur dengan satu sendok jus lemon atau perasan lemon kemudian olekan pada bagian yang sakit. Opsi lain yaitu bisa membungkus bagian yang nyeri dengan kain katun yang sudah dilumuri ramuan tadi.

6. Daun jeruk atau lemon

Daun jeruk atau lemon juga bisa digunakan untuk membantu mengobati keseleo. Caranya dengan membuat daun jeruk atau lemon menjadi bubuk lalu campur dengan satu sendok teh madu dan oleskan pada otot yang keseleo. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan alami.

7. Bawang putih dan seledri

Bawang putih mengandung gula alami, vitamin A, B6, C and E, serta mineral seperti sodium, potassium, dan zat besi. Oleh karena itu, bawang putih juga bisa menjadi obat keseleo alami. Caranya, cincang bawang putih lalu bungkus menggunakan kain katun halus kemudian peras cincangan bawah putih tersebut hingga mengeluarkan sedikit minyak.

Kemudian, oleskan pada bagian yang sakit sambil dipijat perlahan. Bawang putih berkhasiat mengurangi rasa sakit, peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Selain bawang putih, juga bisa memanfaatkan daun seledri dengan membuatnya menjadi pasta. Tumbuk beberapa helai daun seledri lalu beri sedikit air. Kemudian, oleskan di bagian yang dirasa sakit.

8. Jus nanas

Siapa sangka bahwa nanas bisa menjadi obat keseleo alami karena memiliki zat bromelain yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi saat bagian tubuh keseleo. Jika tidak suka mengonsumsi nanas secara langsung, cobalah minum jus nanas dua kali sehari untuk mempercepat pemulihan otot yang keseleo.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Kriteria Suspek-Konfirmasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)