Jadi Awal Kasus dr Richard Lee, Apa Itu Hidrokuinon?

ADVERTISEMENT

Jadi Awal Kasus dr Richard Lee, Apa Itu Hidrokuinon?

Hartaty Varadifa - detikHealth
Selasa, 28 Des 2021 17:39 WIB
Richard Lee buat video sebelum ditangkap
Foto: dok. Channel YouTube Richard Lee
Jakarta -

Dokter sekaligus youtuber Richard Lee ditangkap pada Senin (27/12/2021) setelah ia mereview produk kecantikan yang dilaporkan oleh Kartika Putri.

Dokter kecantikan tersebut dikenakan pasal Pasal 30 jo. Pasal 46 UU ITE dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP, karena telah mengakses data secara ilegal serta menghilangkan bukti.

Awalnya Richard mereview krim kecantikan Helwa di kanal Youtubenya dan menyatakan bahwa produk tersebut mengandung merkuri hidrokuinon yang sudah diperiksa oleh laboratorium.

Kartika sebagai brand ambassador produk tersebut tidak terima atas review Richard yang dianggap abal-abal. Hingga ia mengenakan Richard somasi dua kali.

Perseteruan ini terjadi karena ia juga mengungkapkan bahwa produk tersebut mengandung hidrokuinon tinggi hingga 5,7 persen. Sementara batas dari kandungan itu hanya boleh 2 persen dan perlu pengawasan dokter.

Apa itu merkuri dan hidrokuinon?

Hidrokuinon merupakan salah satu kandungan pencerah kulit. Fungsinya dapat memutihkan kulit dan membantu pengobatan dari berbagai bentuk hiperpigmentasi.

Secara historis, ada beberapa pernyataan tentang keamanan hidrokuinon. Pada tahun 1982, Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat mengakui bahan tersebut aman dan efektif.

Beberapa tahun kemudian, terdapat kekhawatiran tentang keamanan kandungan tersebut dan mendorong pengecer untuk menarik hydroquinone dari pasar. FDA kemudian menemukan bahwa banyak dari produk tersebut mengandung kontaminan seperti merkuri.

Sejak itu, Lembaga Food and Drug Administration (FDA) telah mengkonfirmasi bahwa hidrokuinon dapat dengan aman dijual bebas (OTC) dalam konsentrasi 2 persen.

Hidrokuinon bekerja memutihkan kulit dengan mengurangi jumlah melanosit yang ada. Melanosit membuat melanin, yang menghasilkan warna kulit tersebut.

Dalam kasus hiperpigmentasi, lebih banyak melanin hadir karena peningkatan produksi melanosit. Dengan mengontrol melanosit ini, kulit akan menjadi lebih merata dari waktu ke waktu. Dibutuhkan sekitar empat minggu rata-rata agar bahan ini berlaku. Mungkin perlu beberapa bulan penggunaan yang konsisten sebelum melihat hasilnya secara penuh.

Dikutip dari Healthline sampai saat ini,hidrokuinon dianggap aman di Amerika Serikat. Tidak ada bukti klinis saat ini yang menunjukkan bahwa hidrokuinon berbahaya bagi manusia.



Simak Video "Heboh dari Review dr Richard Lee, Apa Itu Hidrokuinon di Produk Kecantikan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT