Kamis, 12 Agu 2021 18:00 WIB

Dikaitkan dengan Penangkapan dr Richard, Ini Etika Dokter Endorse di IG

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dokter Richard Lee Foto: Instagram/@dr.richard_lee
Jakarta -

Kasus penangkapan dr Richard Lee di tengah perseteruan dengan Kartika Putri, menyita perhatian netizen. Polisi menyebut, dr Richard ditangkap karena terciduk memposting endorse di akun Instagram @dr.richard_lee, saat akun disita karena dugaan pencemaran nama baik Kartika Putri.

"Yang bersangkutan ada memposting endorse di akun Instagram-nya, di story maupun feed-nya, padahal akunnya itu sudah kami sita," ujar Kasubdit Siber Polda Metro Jaya Kompol Rovan Richard Mahenu kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Terkait aturan bermedsos, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah merilis fatwa etik dokter dalam aktivitas media sosial. Termasuk di dalamnya adalah tentang promosi. Hal tersebut tercantum dalam poin kelima Surat Keputusan Nomor 029/PB/K/MKEK/04/2021.

"Pada penggunaan media sosial, dokter harus menjaga diri dari promosi diri berlebihan dan prakteknya serta mengiklankan suatu produk dan jasa sesuai dengan SK MKEK Pusat IDI No 022/PB.K.MKEK/07/2020 tentang Fatwa Etika Dokter Beriklan dan Berjualan Multi Level Marketing yang diterbitkan MKEK Pusat IDI tanggal 28 Juli 2020," jelas surat keputusan tersebut, dikutip Kamis (12/8/2021).

SK tersebut menyebutkan dokter dan organisasi profesi dokter dilarang tampil dalam iklan yang terang-terangan mempromosikan suatu produk dengan klaim apapun di seluruh media. Seperti promosi penyembuhan penyakit, kesehatan, kecantikan, atau kebugaran.

Para dokter bisa tampil dalam iklan produk tanpa klaim penyembuhan penyakit hingga kecantikan dengan syarat melepas atribut profesi dokter, atau menegaskan pernyataannya tidak mewakili profesi dokter.

"Serta harus melepaskan atribut dan logo organisasi profesi kedokteran," lanjut SK terkait.

Pada poin lainnya, para dokter diminta untuk memahami potensi kesalahpahaman di masyarakat. Sebab, keterlibatan dokter dalam iklan produk menimbulkan kepercayaan produk sudah teruji klinis hingga aman digunakan. Hal ini yang kemudian perlu menjadi perhatian.

Simak video 'dr Richard Lee Ditetapkan Jadi Tersangka atas Kasus Ilegal Akses':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)