Selasa, 28 Des 2021 19:01 WIB

Kenali 9 Bentuk Payudara Wanita, Ada yang Asimetris dan Ramping

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
World Breast Cancer Day Concept,health care - woman wore  white t-shirt and holding her chest ,womens breast tumor illness Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Bentuk payudara wanita umumnya selalu berbeda-beda dan tidak selalu sama. Kondisi ini terjadi akibat berbagai faktor yang memengaruhinya, baik faktor genetik, berat badan, tingkatan hormon, dan usia.

Sejumlah faktor ini dapat pula memengaruhi bentuk areola dan puting payudara.

Berbicara tentang payudara, mungkin beberapa wanita kerap tak percaya diri dengan bentuknya yang dianggap tidak ideal.

Padahal, setiap wanita memiliki keunikan masing-masing loh. Jadi tidak perlu merasa cemas ataupun kurang percaya diri.

Bentuk Payudara Wanita

Mengutip dari berbagai sumber, Selasa (28/12/2021), berikut 9 bentuk payudara wanita yang paling umum:

Bulat

Bentuk payudara bulat adalah tipe yang sepenuhnya melingkar, dan sama pada bagian atas dan bawah payudara. Umumnya, wanita yang memiliki payudara bulat tidak perlu pusing memikirkan jenis bra karena hampir semua bisa digunakan.

Timur barat

Bentuk payudara wanita berikutnya mungkin terbilang aneh mengapa dinamakan timur dan barat. Nah, bentuk ini dapat dilihat dari posisi puting yang menonjol ke arah berlawanan. Itu mengapa bentuk ini disebut timur dan barat.

Side set

Jika seorang wanita memiliki jarak yang lumayan lebar di tengah, maka bentuk payudaranya dinamakan side set. Umumnya, ukuran payudara side set terlihat lebih besar daripada bentuk payudara timur barat.

Air mata

Payudara berbentuk air mata (tear drop) bisa dilihat dari bentuk payudara bulat yang sedikit turun ke bawah. Nah, wanita yang memiliki bentuk payudara ini umumnya akan cocok dengan semua jenis bra.

Ramping

Payudara ramping dapat dilihat lebih ramping di bagian atasnya. Namun, akan terlihat besar pada bagian bawah dan sedikit panjang.

Asimetris

Wanita dengan bentuk payudara asimetris memiliki ukuran yang berbeda pada setiap bagian payudaranya. Namun, perbedaan payudara tersebut tidak terlalu jauh atau drastis.

Lonceng

Wanita juga ada yang memiliki payudara berbentuk lonceng. Bentuk ini hampir mirip dengan bentuk payudara ramping. Akan tetapi, wanita dengan bentuk payudara ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada bentuk payudara ramping.

Atletis

Bentuk payudara berikutnya adalah atletis. Wanita yang memiliki bentuk ini umumnya memiliki payudara yang lebih lebar, berotot, dan memiliki sedikit jaringan. Jenis bra yang cocok untuk bentuk payudara ini adalah bra tanpa kawat.

Relaxed

Bentuk payudara wanita terakhir adalah relaxed boobs atau payudara santai. Bentuk ini dapat dilihat dari posisi puting yang cenderung menonjol ke bawah.



Simak Video "Bagaimana Cara Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)