Selasa, 25 Mei 2021 19:00 WIB

Mengenal 9 Bentuk Payudara Wanita, Seperti 'Lonceng' hingga Asimetris

Ardela Nabila - detikHealth
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Ilustrasi payudara (Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato)
Jakarta -

Bentuk dan ukuran payudara setiap wanita tentunya berbeda-beda. Terdapat berbagai faktor yang bisa mempengaruhinya, mulai dari faktor genetik, usia, berat badan, dan juga tingkat hormon masing-masing wanita.

Selain bentuk dan ukuran payudara, sejumlah faktor tersebut juga bisa mempengaruhi bentuk areola dan puting. Variasi bentuk payudara tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing. Dikutip dari Cosmopolitan, berikut 9 bentuk payudara wanita yang paling umum.

1. Bulat

Apakah bentuk payudaramu berbentuk simetris bagian atas dan bawahnya? Jika demikian, maka kamu memiliki bentuk payudara yang bulat. Biasanya, wanita yang memiliki payudara bulat tidak memerlukan jenis bra terstruktur. Sebab, payudaranya sudah bisa menopang dirinya sendiri.

2. Timur barat

Bentuk payudara timur barat atau east west bisa dilihat dari posisi puting yang menonjol ke arah berlawanan. Namun, apabila payudara secara keseluruhan terlihat menjauh dari bagian tengah dada ke arah samping, maka payudara kamu juga masuk ke dalam kategori ini.

3. Side set

Apabila payudara kamu memiliki jarak yang lumayan lebar di tengah, maka kamu memiliki bentuk payudara side set. Biasanya, ukuran payudara yang satu ini terlihat lebih besar dari bentuk payudara timur barat.

4. Air mata

Payudara berbentuk tear drop atau air mata bisa dilihat dari bentuk payudara yang bulat, tetapi sedikit turun ke bawah. Bagi wanita yang memiliki bentuk payudara ini, maka kamu termasuk yang beruntung. Sebab, semua jenis bra cocok untuk bentuk payudara ini.

5. Ramping

Payudara yang ramping umumnya terlihat lebih ramping di bagian atasnya, lebih besar di bagian bawah, dan terkesan sedikit lebih panjang daripada lebar. Biasanya, wanita yang memiliki bentuk payudara ini memiliki ukuran cup bra yang relatif kecil.

6. Asimetris

Wanita yang memiliki payudara asimetris, payudaranya akan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Apabila salah satu payudara kamu terlihat lebih besar dari yang satunya, maka kamu memiliki bentuk payudara asimetris. Namun, biasanya perbedaan ukuran keduanya tidak terlalu drastis.

7. Lonceng

Karakteristik payudara berbentuk lonceng hampir mirip dengan bentuk payudara ramping. Namun, biasanya wanita yang memiliki bentuk payudara ini memiliki ukuran payudara yang lebih besar daripada wanita yang memiliki bentuk payudara ramping.

8. Atletis

Wanita yang memiliki bentuk payudara atletis biasanya memiliki payudara yang lebih lebar, lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan. Jenis bra yang cocok untuk wanita yang memiliki bentuk payudara ini adalah bra tanpa kawat.

9. Relaxed

Bentuk payudara terakhir yang umum dimiliki wanita adalah relaxed boobs atau bentuk payudara santai. Bentuk ini bisa dilihat dari posisi puting yang cenderung tampak menonjol ke bawah.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)