Rabu, 29 Des 2021 15:17 WIB

Jadi Pria Tertampan Dunia 2021, Paing Takhon Bergelut dengan Depresi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Paing Takhon Pria tertampan sedunia 2021. (Foto: Instagram/@paing_takhon)
Jakarta -

TC Candler, platform yang rutin merilis daftar 100 wajah tercantik dan tertampan di dunia, baru saja mengumumkan daftar The 100 Most Handsome Faces of 2021.

Gelar pria tertampan di dunia versi TC Candler diraih oleh seorang aktor asal Myanmar, Paing Takhon. Tubuhnya yang atletis membuat ia mendapat julukan 'Aquaman dari Asia'.

Sayangnya, Paing Takhon menjadi tahanan negara sejak April 2021 lalu karena mengambil bagian dalam protes massal yang mengguncang Myanmar menyusul kudeta militer Februari lalu. Dia juga terang-terangan memprotes kudeta tersebut di akun media sosialnya.

Diberitakan BBC, pria berusia 24 tahun itu sebelumnya terlihat berpartisipasi dalam beberapa demonstrasi dan pawai.

Dia juga memposting gambar pemimpin sipil terguling dan ikon pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena menghasut perbedaan pendapat dan melanggar aturan COVID-19.

Seorang kenalan dekatnya, yang tidak ingin disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa Takhon menderita depresi dan kondisi fisik dia buruk ketika dia ditangkap, menambahkan bahwa dia bahkan tidak bisa "berdiri dengan benar".

Namun, mereka menambahkan bahwa Takhon "sadar akan konsekuensi" yang menunggunya, menambahkan bahwa dia "tidak takut sama sekali".

Sebagai bentuk dukungan, TC Candler ikut menyerukan pembebasan Takhon. Di akhir video pengumuman pria tertampan di dunia 2021 , muncul tulisan: "Free This Man! Free Paing Takhon - Political Prisoner In Myanmar Since April 2021".



Simak Video "Bund, Yuk Kenali Tanda-tanda Depresi Pasca Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)