Jumat, 24 Des 2021 15:22 WIB

Turun 50 Kg, Ini Rahasia Diet yang Dijalani Jacob Batalon 'Spider-Man No Way Home'

Hartaty Varadifa - detikHealth
Turun 50 Kg, Ini Rahasia Diet yang Dijalani Jacob Batalon Spider-Man No Way Home. Foto: IG Jacob Batalon
Jakarta -

Jacob Batalon yang berperan sebagai sahabat karib Ned Leeds dalam Spider-Man Marvel, akhir-akhir ini menjadi lebih kurus, yang berhasil menurunkan berat badannya sekitar 50 kg.

Hal tersebut dapat dicapai berkat hasil usahanya yang membuat beberapa perubahan gaya hidup, termasuk beralih ke pola makan dengan banyak mengonsumsi nabati.

Aktor berusia 25 tahun ini memutuskan untuk melakukan perubahan setelah menyadari bahwa berat badannya cukup mengganggunya baik secara profesional maupun pribadi.

"Saya memutuskan untuk melakukan transformasi semacam ini, atau perjalanan semacam ini, dengan kesehatan dan kebugaran saya pada akhir 2019," kata Batalon dikutip dari Men's Health, Jumat (24/12/2021).

"Bahkan ketika saya tidak melakukan apa pun secara fisik, saya mendapati diri saya mengantuk di tempat kerja dan itu karena semua makanan berlemak yang saya makan" sambungnya.

Batalon sekarang mempertahankan rutinitasnya yaitu berolahraga di gym enam hari per minggu dengan melakukan 60 menit latihan beban dan 30 menit kardio.

Adapun diet yang ia lakukan yaitu mengurangi konsumsi produk hewani yang dibantu oleh pacarnya Brooke Rayna. "Baru-baru ini, pacar saya benar-benar membuat saya menjalani diet nabati juga. Dan hal itu sangat membantu tubuh saya," kata Batalon.

Batalon juga mengatakan bahwa ia merasakan perbedaan yang sangat membantunya ketika makan yang berbahan nabati.

Lalu apa itu diet plant based yang bisa menurunkan berat badan?

Pola makan nabati merupakan pola yang berfokus pada makanan dari tumbuhan. Tidak hanya buah-buahan dan sayuran, tetapi juga kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Akan tetapi bukan berarti bahwa seseorang yang melakukan diet plant based merupakan vegetarian atau vegan yang tidak pernah makan daging atau susu.

Sebaliknya, diet plant based secara proporsional memilih lebih banyak makanan dari sumber nabati.

Nabati diakui dapat membantu individu dalam menurunkan berat badan. Dalam satu penelitian yang diterbitkan awal tahun ini pada Journal of American College of Nutrition, para peneliti membandingkan efek dari pola makan nabati rendah lemak versus pola makan Mediterania atau konsumsi daging.

Hasil menemukan bahwa orang yang makan dengan bahan nabati memiliki penurunan berat badan yang jauh lebih baik dari pada yang mengonsumsi daging.

Peserta yang mengikuti pola makan nabati kehilangan rata-rata 7,5 pon massa lemak, mengurangi lemak visceral mereka, dan menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol LDL.

Para peneliti mengusulkan menjelaskan bahwa pola makan nabati menyebabkan penurunan berat badan karena pengurangan asupan kalori, peningkatan asupan serat dan zat gizi makro yang tidak ditemukan dalam produk hewani.

Selain itu terdapat penurunan konsumsi lemak, dan penurunan konsumsi lemak jenuh.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)