Jumat, 31 Des 2021 13:15 WIB

Booster COVID-19 Disebut Bakal Mulai 12 Januari 2022, Siapa yang Boleh Dapat?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemberian booster atau dosis ketiga vaksin COVID-19 direncanakan bakal dimulai 12 Januari 2022. Namun belum ditargetkan untuk semua orang, siapa saja yang boleh menerima booster pada Januari mendatang?

"Pemerintah berharap di Januari nanti tanggal 12 akan dimulai vaksinasi booster," ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi sentra vaksinasi anak di SDN Kemanggisan 05 Pagi, Jakarta Barat, Jumat (31/12/2021) dikutip dari CNN Indonesia.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menambahkan booster vaksin COVID-19 pada Januari 2022 hanya diperuntukkan kelompok lanjut usia, baik yang tergolong peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, maupun non-PBI.

"Ini kita upayakan bisa sesegera mungkin (pemberian booster vaksin COVID-19) karena masih menunggu selesainya kajian ilmiah," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (31/12/2021).

"Lansia yang didahulukan," lanjutnya.

Namun perihal di mana vaksinasi booster COVID-19 untuk PBI dan non-PBI bakal dilaksanakan, dr Nadia menyebut hingga kini belum ada informasi lebih lanjut. Begitu juga perihal jenis vaksin yang bakal digunakan, dr Nadia menyebut masih menunggu keluarnya petunjuk teknis (juknis).

"Belum. Ditunggu ya," jawabnya terkait lokasi vaksinasi COVID-19 booster untuk lansia peserta PBI dan non-PBI.



Simak Video "Garut Mulai Gelar Vaksinasi Booster, Lansia Jadi Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)