Jumat, 31 Des 2021 16:36 WIB

Batuk Tak Pakai Masker di Hadapan Orang Lain, Pasien COVID-19 Ini Ditangkap

Vidya Pinandhita - detikHealth
Masker COVID-19 Ilustrasi seorang pasien COVID-19 ditangkap gara-gara batuk di depan orang lain tanpa mengenakan masker. Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pasien COVID-19 di Singapura ditahan atas dugaan batuk mengarah ke dua orang lainnya tanpa menggunakan masker di hidung dan mulut. Aksi tersebut dianggap sebagai tindakan melecehkan, terlebih seiring ketatnya penerapan protokol kesehatan di negara tersebut.

Dikutip dari The Straits Times, pria itu bernama Tamilselvam Ramaiya (62). Pada Kamis (30/12/2021), ia menghadiri pengadilan distrik dengan dua dakwaan yakni pelecehan dan satu dakwaan berdasarkan Undang-undang COVID-19 (tindakan sementara).

Tamilselvam diketahui melakukan aksi tersebut di sebuah kantor logistik di Senoko Way pada 18 Oktober 2021, sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, ia batuk tepat di hadapan seorang pria dan seorang wanita. Kejadian itu menjadi 'alarm' bagi kedua orang tersebut.

Dokumen pengadilan tidak menyebutkan kapan Tamilselvam didiagnosis positif COVID-19. Tidak dijelaskan juga apakah dua orang yang sempat terciprat batuk Tamilselvam kemudian ikut terpapar virus Corona atau tidak.

Konferensi pra-persidangan selanjutnya direncanakan berlangsung pada 17 Januari.

Kejadian Tamilsevam bukan kali pertama warga Singapura terseret ke pengadilan gara-gara dianggap melanggar peraturan terkait penanganan wabah virus Corona. Pada September 2020, Tan Shiaw Wee (47) yang tidak sedang terjangkit COVID-19 dipenjara selama lima minggu lantaran melepas masker dan batuk di supermarket.

Seperti Tamilselvam, Tan dikenai tuduhan pelecehan dan pelanggaran di bawah Undang-undang COVID-19 (tindakan sementara).

Warga Singapura, yang saat itu berusia 47 tahun, mengaku bersalah pada 28 Juli tahun itu atas satu tuduhan pelecehan dan pelanggaran di bawah Undang-Undang COVID-19 (Tindakan Sementara).



Simak Video "Status Penularan Covid-19 di Singapura Jadi 'Unknown'"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)