Cassandra Angelie Terjerat Kasus Prostitusi, Mengapa Artis Jajakan Dirinya?

ADVERTISEMENT

Cassandra Angelie Terjerat Kasus Prostitusi, Mengapa Artis Jajakan Dirinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 31 Des 2021 17:05 WIB
Ilustrasi perdagangan orang/prostitusi (Fuad Hashim/detikcom)
Foto: Ilustrasi perdagangan orang/prostitusi (Fuad Hashim/detikcom)
Jakarta -

Artis Cassandra Angelie ditetapkan sebagai tersangka kasus prostitusi online pada Jumat (31/12/2021). Cassandra Angelie diamankan polisi di sebuah hotel mewah di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021), bersama mucikarinya.

"Tersangka CA dalam kegiatan prostitusi online ini baru melakukan sebanyak 5 kali," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E. Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (31/12/2021).

Nama Cassandra Angelie menambah panjang daftar artis yang pernah tersandung kasus prostitusi. Sebelumnya juga pernah ditangkap artis berinisial TA, HH, dan PA.

Hal ini mungkin kemudian menimbulkan pertanyaan, apa alasan para artis terlibat prostitusi?

Menurut sosiolog Yuanita Aprilandini, tuntutan gaya hidup bisa jadi salah satu alasan munculnya bisnis prostitusi di kalangan selebriti. Terlebih, profesi artis dikatakannya merupakan sesuatu yang prestisius.

"Prestisius itu dari jumlah pemasukan yang didapat dibanding profesi lainnya. Namun di balik itu, ada banyak tekanan bahwa dengan prestise sosial, ia harus memiliki gaya hidup tertentu," katanya pada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Seorang artis mungkin memiliki beban biaya untuk perawatan penampilan agar tetap prima, membangun relasi, bergaul di kafe atau restoran, dan sebagainya yang menimbulkan perilaku konsumtif atau hedonisme.

"Prostitusi online itu tarifnya fantastis ya, ya mungkin bisa kita bilang itu jalan pintas atau cara instan untuk membeli prestise sosial ketika sepi job," lanjut Yuanita.

Hal yang menjadi catatan Yuanita adalah terkadang fokus masyarakat hanya pada artis wanitanya saja. Para pengguna jasanya kerap luput dari sorotan.

Dari sisi kesehatan, prostitusi termasuk ke dalam perilaku seks berisiko karena membuat seseorang berganti-ganti pasangan seks. Semakin sering berganti pasangan maka risiko untuk terkena penyakit infeksi menular seksual akan semakin besar.

Beberapa penyakit yang diketahui dapat menular dari perilaku seks berisiko di antaranya:

  • Klamidia
  • Gonorea
  • Herpes
  • Sifilis
  • HIV

Simak Video 'Alasan Polisi Tetapkan Cassandra Angelie Sebagai Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT