ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 18:47 WIB

11 Ide Resolusi Sehat untuk Mengawali 2022

Hartaty Varadifa - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Resolusi sehat 2022 (Foto: istock)
Jakarta -

Tahun 2022 segera tiba, saatnya memikirkan resolusi dan rencana apa yang akan direalisasikan di tahun baru ini.

Tentu ada banyak hal yang ingin diraih di tahun baru ini, mungkin dari aspek ekonomi, karir, keluarga, gaya hidup, dan lainnya, Tapi ada satu hal yang terpenting yaitu aspek kesehatan Mengingat pandemi yang masih melanda kesehatan menjadi hal utama yang juga harus diperhatikan.

Berikut 11 resolusi supaya hidup lebih sehat di tahun 2022 yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Makan lebih banyak sayuran

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran meningkatkan kesehatan mereka secara eksponensial.

Hal ini menunjukkan bahwa dalam sehari sekali setidaknya disarankan untuk konsumsi salad atau sayuran. Bisa juga tambahkan tomat, jamur, dan telur untuk asupan di pagi hari.
Sedangkan di malam hari sajikan ubi jalar dan kacang polong dengan daging.

2. Banyak konsumsi air

Langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan adalah dengan minum lebih banyak air. Kedengarannya sederhana, tetapi masih banyak yang sulit untuk minum cukup sepanjang hari.

Untuk memperbaiki kebiasaan ini, mulailah dengan segelas besar air di pagi hari. Ketika beraktivitas di luar rumah cobalah membawa botol dan menyeruputnya sepanjang hari.

Dan pastikan itu adalah air putih. Karena minuman soda, kopi, teh, lebih banyak menghasilkan gula dan bahan kimia lain yang dapat menggagalkan tujuan kesehatan.

3. Sering-sering berolahraga

Menggerakkan tubuh adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga ringan dapat meningkatkan atau mempertahankan fungsi kognitif, meningkatkan kualitas tidur, dan mendorong penurunan berat badan.

Luangkan waktu untuk aktivitas yang kamu sukai seperti jalan-jalan, yoga, dan workout setidaknya tiga kali seminggu.

4. Berhenti merokok

Berhenti merokok memang agak sulit bagi sebagian orang, tetapi tidak salah untuk mencobanya. Karena berhenti merokok menjadi salah satu kunci menjadi lebih sehat.

Minggu pertama adalah yang paling sulit, tetapi setelah itu kamu akan merasa lebih baik dan lebih energik. Adapun manfaat kesehatan dari berhenti merokok meliputi:

  • Lebih sedikit batuk dan penyakit dada
  • Lebih sedikit risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, stroke
  • Mengurangi kesulitan bernapas (yang meningkatkan asma)
  • Menurunkan kemungkinan terkena kanker mulut atau tenggorokan.

5. Banyak konsumsi makanan serat

Serat adalah bahan makanan yang dapat membantu pencernaan. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesehatan adalah dengan menambahkan lebih banyak makanan kaya serat terkhususnya jika sedang menjalani diet.

Selain itu serat juga membantu menjaga kadar kolesterol turun, dan dapat mencegah sembelit atau wasir .

Cobalah konsumsi sekitar 30 gram sehari dari sumber makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Simak Video 'Prediksi Bisnis dan Investasi 2022':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT