Sabtu, 01 Jan 2022 09:45 WIB

Viral Buku Tahun 2020 Membahas soal Varian Omicron, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral buku tahun 2020 soal varian Omicron. Foto: Tangkapan layar/Twitter
Jakarta -

Di media sosial beredar kabar ada buku terbitan tahun 2020 yang membahas soal COVID-19 varian Omicron. Sebagian netizen menyebut hal ini sebagai bukti konspirasi karena varian Omicron sendiri baru pertama kali diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada November 2021.

"Sebuah buku berjudul memahami varian Omicron dan hak ciptanya tahun 2020???" komentar seorang pengguna Facebook.

Beberapa netizen turut membagikan tangkapan layar yang menunjukkan buku tersebut ditulis oleh Dr Theresa Bishop dan dijual di toko online Amazon.

Bagaimana faktanya?

Dikutip dari Reuters, buku tersebut pertama kali muncul di Amazon pada 5 Desember 2021. Nomor seri buku internasional (ISBN) yang tercantum menunjukkan buku tersebut berkaitan dengan kantor Amazon di Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Buku yang viral diketahui tidak terdaftar dalam katalog hak cipta buku Amerika Serikat tahun 2020. Reuters juga tidak menemukan detail informasi terpercaya terkait penulisnya.

"Sampul depan dan uraian buku juga banyak salah eja dan tata bahasa. Judulnya saja 'Memahami Varian Omicron' tampak kurang satu kata," ungkap Reuters seperti dikutip pada Sabtu (1/1/2021).

Halaman pembelian buku tersebut sempat menghilang sementara dari Amazon. Buku kemudian kembali dijual pada 16 Desember 2021, namun kali ini dengan halaman hak cipta yang menyebut tahun 2021.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)