V BTS Mengaku Jadi Introvert, Gimana Sih Ciri-cirinya?

ADVERTISEMENT

V BTS Mengaku Jadi Introvert, Gimana Sih Ciri-cirinya?

Suci RIsanti Rahmadania - detikHealth
Minggu, 02 Jan 2022 10:30 WIB
V BTS
V BTS. (Foto: dok. HYBE)
Jakarta -

Member BTS Kim Taehyung atau V BTS yang memiliki tipe MBTI-nya atau kepribadian introvert. Dulunya ia adalah seorang ekstrovert.

"Huruf pertama dari tipe kepribadian MBTI-ku dulunya E (Extrovert), tetapi baru-baru ini berubah menjadi I (Introvert). Bukankah mereka mengatakan perbedaan antara keduanya sangat besar?" kata V kepada Vogue, dikutip dari Vogue Korea.

Apa itu tipe kepribadian introvert?

Sejumlah psikolog mengklaim bahwa orang yang memiliki kepribadian introvert seperti V BTS ini cenderung mudah lelah saat berinteraksi dengan orang lain dan memilih untuk diam, suka sendirian hingga jarang keluar rumah.

Bahkan, kepribadian tersebut cenderung lebih fokus ke pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari diri mereka loh. Untuk itu, beberapa di antaranya lebih suka berbicara dengan diri sendiri daripada orang lain.

Selain itu, apalagi sih ciri-ciri orang introvert? Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (02/01/2022) berikut adalah informasinya.

1. Cepat Tanggap tetapi Sering Ragu

Tipe kepribadian introvert umumnya sangat bersemangat ketika membicarakan sesuatu hal di masa depan. Namun, saat mengambil keputusan yang pasti, mereka pasti akan merasa ragu dan perlu memikirkan persiapan kembali dengan matang.

2. Tak Suka Basa-basi

Orang introvert kerap kali dianggap sombong karena tak suka berbicara yang tak jelas. Artinya, mereka lebih suka berbicara secara terus terang dan mendalam tanpa perlu berbasa basi.

3. Memiliki Fokus Tinggi

Kepribadian introvert cenderung mengandalkan acetylcholine, yaitu hormon yang berhubungan dengan tingkat fokus yang tinggi. Hal ini dapat membuat orang introvert tetap berkonsentrasi penuh dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, hormon ini juga dapat memengaruhi pikiran mereka untuk tetap tenang di tempat yang ramai atau banyak orang.

4. Memperhitungkan Risiko

Orang introvert memiliki perbedaan aktivitas hormon dopamin dengan orang yang ekstrovert. Hormon dopamin ini merupakan neurotransmitter yang berhubungan dengan pencarian sensasi dan petualangan baru.

Nah, orang introvert umumnya memiliki hormon dopamin yang cenderung kurang aktif. Untuk itu, lebih mementingkan risiko dan selalu berhati-hati sebelum mengambil keputusan yang tepat.

5. Suka Hujan

Hujan menciptakan suara damai dalam diri seseorang, terutama orang yang memiliki kepribadian introvert. Biasanya efek suara hujan memberikan rasa ketenangan yang memungkinkan orang introvert beristirahat sejenak dari pikiran mereka.

6. Terdapat 4 Tipe Introvert: Sosial, Pemikir, Pencemas, Pengendali

  • Tipe sosial lebih suka menyendiri atau bersama kelompok kecil dibandingkan dengan sekumpulan banyak orang. Mereka cenderung menghindari aktivitas sosial yang beramai-ramai dan lebih memilih untuk bermain laptop hingga membaca buku di dalam rumah, ataupun jalan-jalan bersama sahabatnya.
  • Tipe pemikir lebih suka menganalisa, berimajinasi, dan memikirkan hal yang sepele. Orang introvert tipe ini cenderung suka menghayal dan tenggelam dalam imajinasi mereka.
  • Tipe pencemas kerap kali merasa tidak nyaman dan canggung saat berada di dekat orang banyak. Apapun yang dilakukan, mereka akan merasa cemas dan malu saat berinteraksi dengan orang lain.
  • Tipe pengendali selalu mengambil keputusan dengan matang sebelum memutuskan sesuatu. Orang introvert selalu memikirkan langkah-langkah yang tepat sebelum mengambil tindakan yang benar.



Simak Video "Saat Petinggi WHO Joget Diiringi Lagu 'Permission To Dance' BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT