ADVERTISEMENT

Minggu, 02 Jan 2022 15:51 WIB

Israel Laporkan Kasus Pertama 'Florona', Infeksi Ganda Influenza dan Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept Flurona, infeksi ganda flu dan Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Israel mendeteksi kasus pertama Florona, diyakini sebagai infeksi ganda Covid-19 dan influenza. Berita tentang Florona datang pada saat dunia sedang berjuang melawan gelombang baru pandemi SARS-CoV-2 yang didorong oleh varian baru Omicron.

Menurut laporan tersebut, kasus pertama ini tercatat pada seorang wanita hamil yang dirawat di Rabin Medical Center untuk melahirkan. Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa wanita muda itu tidak divaksinasi.

Meski demikian ditegaskan bahwa Flurona, bukanlah varian baru. Dokter mengatakan Florona sedang dipelajari karena Israel telah melihat lonjakan kasus influenza dalam beberapa minggu terakhir.

Dr Nahla Abdel Wahab, seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Kairo, mengatakan kepada media Israel bahwa Florona mungkin mengindikasikan kerusakan besar pada sistem kekebalan karena dua virus memasuki tubuh manusia secara bersamaan.

Ketua Satgas IDI Prof Zubairi Djoerban juga menyoroti kemunculan kasus Florona ini. Ia menegaskan bahwa Florona bukan varian baru COVID-19.



"Infeksi ganda COVID-19 dan influenza," tulisnya di akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom, Minggu (2/1/2022).

Ia juga mengatakan kombinasi ganda ini terindikasi merusak sistem kekebalan dan sedang dipelajari lebih lanjut.



Simak Video "WHO: Kematian Covid-19 Meningkat 75%, Seminggu 15 Ribu Orang Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT