Senin, 03 Jan 2022 13:09 WIB

Luhut Beberkan Alasan Tren COVID-19 RI Lebih Baik Ketimbang Negara Lain

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden) Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap alasan COVID-19 di Indonesia lebih baik ketimbang negara lain. Dalam protokol kesehatan, menurutnya warga di Tanah Air jauh lebih disiplin ketimbang negara Eropa dan juga India.

"Kenapa kita lebih bagus dari banyak negara lain seperti misalnya katakanlah India yang skrg juga mengalami Omicron," beber Luhut, Senin (3/1/2022).

"Saya ingin sampaikan dari pengamatan kami, kami disiplin dalam pemakaian masker, dibandingkan Amerika, Inggris dan mana saja. Pemantauan yang kita lakukan secara rutin di mana Presiden tiap Senin melakukan ratas evaluasi yang hampir tidak terjadi di banyak negara dunia," sambungnya.

Tak hanya itu, Luhut mengklaim kesuksesan pengendalian pandemi COVID-19 di Indonesia juga melibatkan para pakar dan para ahli. Termasuk epidemiologi yang menyarankan strategi pengendalian pandemi.

Jika melihat situasi saat ini, menurut Luhut banyak negara yang bertanya apa strategi di balik tren kasus COVID-19 Indonesia yang tetap rendah di tengah tercatatnya kasus Omicron.

"Jadi kita tidak perlu merasa bahwa kita ini kalah dengan negara lain, justru orang lain sekarang mulai banyak berkaca pada kita," pungkas dia.



Simak Video "Studi Inggris: Vaksinasi Covid-19 Cegah 20 Juta Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)