Senin, 03 Jan 2022 20:30 WIB

Efek Kejiwaan 'Adopsi' Spirit Doll, Boneka Arwah yang Dijual Jutaan Rupiah

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Scary antique doll and puppets in flea market Heboh tren boneka arwah. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ilbusca)
Jakarta -

Ada lebih dari lima artis Indonesia yang baru-baru ini disorot netizen lantaran mengadopsi boneka arwah. Di antaranya termasuk Lucinta Luna, Sarwendah, Siti Badriah hingga Showimah.

Dalam sejumlah unggahan di media sosial, terlihat para artis berselfie ria dengan boneka arwah di keseharian mereka. Kebanyakan dari mereka mengadopsi boneka arwah milik Furi Harun, kolektor ratusan boneka arwah, juga wanita yang dipercaya bisa berkomunikasi dengan makhluk halus.

Melihat dari sisi psikologis, Nuzulia Rahma Tristinarum menilai orang dewasa sebenarnya masuk dalam fase pengembangan diri untuk berkeluarga atau memiliki anak. Namun, jika mereka memilih boneka arwah, hal ini tampak tidak normal.

"Jika dilihat dari sudut pandang psikologis tentu ini bukan hal yang normal sebab 'bermain boneka' adalah kegiatan anak-anak. Orang dewasa tugas dan tahap perkembangannya adalah mengasuh anak manusia. Baik anak sendiri maupun anak asuh," beber Rahma, kepada detikcom Senin (3/1/2022).

Di sisi lain, efek psikologis yang bisa dirasakan kembali ke seberapa dekat mereka dengan boneka arwah. Bisa saja mereka memiliki perasaan yang begitu dalam kepada boneka arwah lantaran kepercayaan yang dimiliki.

"Efeknya tentu tergantung diri mereka sendiri. Seberapa besar dan seberapa dalam keterikatan emosi dengan boneka tersebut," sambung Rahma.

Meski begitu, Rahma menyebut tak baik jika menanggapi ketertarikan seseorang pada boneka arwah dengan bullying. Menyampaikan perbedaan pendapat tidak perlu dengan menghakimi.



Simak Video "Psikiater Tak Temukan Dampak Positif Adopsi Spirit Doll"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)