Selasa, 04 Jan 2022 05:58 WIB

Cepat Lelah Usai Hamil di Usia 38, Ini Tips Tetap Sehat dari Mona Ratuliu

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Mona Ratuliu saat ditemui di JCC. Mona Ratuliu (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Model sekaligus aktris Mona Ratuliu melahirkan anak keempatnya pada 20 Mei 2020 yang berjenis kelamin perempuan. Bayi tersebut diberi nama Numa Kamala Srikandi. Namun, setelah kehamilannya itu Mona mengaku jadi mudah lelah.

Selain itu, wanita kelahiran Jakarta ini juga tak pernah menyangka bisa hamil anak keempat di usia yang tidak muda lagi yaitu 39 tahun.

"Aku kaget sih, karena kalau versi aku itu enggak terencana. Sempat ngerasa capek terus ya, ngomong atau jalan sedikit sudah capek," kata Mona Ratuliu saat dihubungi HaiBunda, Rabu (29/12/21).

Karena hal itu, Mona sampai konsultasi ke bidan hypnobirthing untuk mengatasi kondisinya yang menurun. Ibu empat anak ini kemudian diminta untuk pelan-pelan menerima kondisinya.

Konsultasi yang dijalaninya pun membuahkan hasil, istri dari Indra Brasco ini lantas menjadi lebih tenang, berpikir positif, dan bahagia menjalani kehamilan keempat jelang usia 40 tahun.

"Aku sempat ke bidan hypnobirthing coba share kondisi aku, ternyata justru karena kaget dan tidak terencana jadinya aku banyak mikir kondisi kesehatan dan melahirkan gimana. Karena ada banyak pertimbangan itu yang katanya bikin otak aku loading terus dan energi aku terkuras. Jadi, sama bidannya diajak untuk pelan-pelan mencoba untuk menerima seutuhnya," jelas Mona.

"Ya karena sudah hamil, jadi sebisa mungkin melakukan yang terbaik, seperti periksa kesehatan. Kalau dipikirin terus kan enggak ada gunanya. Jadi cuma bisa dijalani saja dan dari situ mulai mendingan." sambungnya.

Mona mengaku bahwa dirinya merasakan perbedaan di kehamilan keempat dibandingkan kehamilan sebelumnya. Wanita 39 tahun ini merasa lebih lelah secara fisik. Ia pun kembali mengalami mual dan muntah sepanjang hari.

"Memang terasa sih. Secara fisik tuh merasa lebih cepat capek, lebih berat semuanya, kayak misalnya tulang-tulang sakit. Mungkin karena usia. Jadi beda banget sama kehamilan di usia 20 tahun akhir sama menjelang 40 tahun," ungkapnya.

Tak hanya itu, memasuki trimester akhir, perubahan fisik yang dirasa semakin berat. Sebab, Mona tak bisa melakukan perawatan kehamilan karena pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia.

"Kalau pegal-pegal memang cepat terasa ya. Apalagi aku hamil besar sudah masuk pandemi, jadi enggak bisa pijat kayak dulu. Melahirkan juga remuk banget rasanya karena biasanya kan perawatan, ini enggak ada sama sekali jadi betul-betul lumayan berat," ujar Mona.

Walaupun kehamilan keempatnya terasa berat, Mona Ratuliu lantas tidak diam saja. Ia justru melakukan segala upaya agar janinnya tumbuh sehat. Beberapa tips hamil sehat juga ia lakukan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)